Kanal

Ponsel Anda Terjatuh di Air? Ini Cara Mengatasinya

ilustrasi -

TRIBUN-TIMUR.COM - Pernah mengalmai telepon selular terjatuh di wadah berisi air atau terkena hujan? Jika ponsel Anda waterproof, mungkin tidak ada masalah karena masih bisa tertolong. Namun jika tidak, ujung-ujungnya pasti ponsel ituakan mati total alias matot.

Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ponsel Anda yang terjatuh di air atau terendam di dalam air. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar ponsel Anda bisa diselamatkan.

Yang perlu Anda ketahui, tips yang tercantum di bawah ini tidak berlaku bagi ponsel yang terjatuh di air laut atau cairan soda. Air laut dan cairan soda memiliki kemampuan korosi yang sangat cepat dibandingkan air biasa.

Berikut tipsnya:

1. Matikan ponsel

matikan ponsel ()

Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen akibat sirkuit pendek di smartphone Anda akibat terkena air. Jika memungkinkan, baterai ponsel juga bisa langsung dibuka.

2. Keringkan Bagian Luar

keringkan HP dengan lap ()

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengeringkan bagian luar ponsel dengan lap kering dan bersih. Cara ini dilakukan untuk memastikan jika tidak ada lagi titik air di ponsel Anda.

3. Keringkan Dalamnya

Rendam di beras ()

Setelah bagian luar kering, selanjutnya adalah mengeringkan bagian dalam ponsel Anda. Cara yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah memasukan ponsel tersebut ke dalam tumpukan beras. Jika tidak ada beras, Anda bisa menggunakan gel silikon untuk mengeringkan bagian dalam ponsel Anda.
Namun jika keduanya tidak ada, Anda bisa menggunakan drybox atau redux. Peralatan ini diyakini ampuh mengeringkan bagian dalam ponsel yang basah.
Perlakuan memendam ponsel ke dalam tumpukan beras sebaiknya dilakukan selama dua hari agar hasilnya juga lebih maksimal.(*/tribun-timur.com)

Editor: Muh. Irham

Video Penampakan Ketua KKB Papua Egianus Kogoya, Buron Paling Dicari, Minta Boikot Pilpres 2019

Berita Populer