Baznas Enrekang: Kesadaran Masyarakat Bayar Zakat Mal Masih Minim

Salah satu jenis zakat adalah zakat mal. zakat tersebut adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu.

Baznas Enrekang: Kesadaran Masyarakat Bayar Zakat Mal Masih Minim
Lafal dan Niat Lengkap sebelum membayar Zakat Fitrah 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam.

Salah satu jenis zakat adalah zakat mal. zakat tersebut adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu, dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca: Mamuju Max Owners IMO Turun ke Jalan Bagi-Bagi Menu Buka Puasa

Baca: Inilah 20 Pemain Jadi Skuat Timnas Indonesia di Piala Sudirman 2019, Hendra/Ahsan Jadi Kapten Tim

Hanya saja, zakat mal belum menjadi budaya bagi masyarakat muslim khususnya di Kabupaten Enrekang.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Baznas Enrekang bidang pengumpulan, Baharuddin, pada TribunEnrekang.com, Senin (13/5/2019) pagi.

Menurutnya, walaupun sudah di atur dalam hukum positif, namun kesadaran masyarakat akan jenis zakat itu belum terbangun.

Olehnya itu, pihaknya baru mulai membangun budaya zakat mal, dimulai dari mereka yang berpenghasilan tetap, seperti ASN dan karyawan swasta.

"Sekarang kita sudah sasar pelaku usaha kontraktor juga aktif berzakat di BAZNAS Enrekang," kata Bahar.

Ia menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya telah mencanangkan gerakan sadar zakat dengan melibatkan seluruh kelembagaan pemerintah dan swasta.

Narasi dan tema yang digaungkan adalah ayo tertib berzakat. Ini dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat muslim Enrekang bahwa zakat harta itu hukumnya wajib, sama wajibnya dengan kewajiban rukun Islam lainnya.

"Sehingga berlaku pulalah syarat sahnya zakat mal, jika terpenuhi seluruh ketentuan secara syariah dan hukum konfilasi yang berlaku, terutama jumlah dan waktunya," ujar mantan komisioner KPU Enrekang ini.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved