Ceramah Tarawih di Masjid Agung Al-Munawwir, Ketua NU Pinrang Bahas Miras

Ketua NU Pinrang ini mengulas tema 'Bencana Akibat Minuman Keras dan Sejenisnya'.

Ceramah Tarawih di Masjid Agung Al-Munawwir, Ketua NU Pinrang Bahas Miras
hery/tribunpinrang.com
Kepala Kemenag Pinrang H Sudirman Daud membawakan ceramah tarawih di Masjid Agung Al-Munawwir, Jl Jend Sudirman, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. 

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Kepala Kemenag Pinrang H Sudirman Daud membawakan ceramah tarawih di Masjid Agung Al-Munawwir, Jl Jend Sudirman, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Rabu (8/5/2019).

Ketua NU Pinrang ini mengulas tema 'Bencana Akibat Minuman Keras dan Sejenisnya'.

Sudirman mengawali ulasannya dengan membacakan surah Al-Maidah ayat 90.

Baca: Bingung saat Berbaris, Sekda Mamasa Lakukan Ini ke Petugas RSUD Kondosapata

Baca: ACT Massifkan Bantuan untuk Palestina di Bulan Ramadan

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan," demikian terjemahan surah tersebut yang dibacakan Sudirman.

Ia menjelaskan, salah satu potensi besar dimiliki manusia yang diberikan oleh Allah Swt adalah akal. Oleh karenanya diperintahkan untuk menjaga potensi tersebut.

"Sedangkan miras yang memiliki kandungan alkohol, justru hadir merusak potensi yang dimiliki manusia (akal). Oleh karenanya, harus dijauhi," papar Sudirman.

Selain itu, lanjutnya, minuman keras masuk dalam kategori Ummul Khabaits (induknya keburukan). Barang siapa yang meminumnya, Allah tidak akan menerima ibadahnya selama 40 hari.

Baca: TRIBUNWIKI: Pokemon Detective Pikachu Tayang di Bioskop, Ini Sinopsis dan Trailernya

"Dan Barang siapa yang wafat dalam keadaan ada miras di perutnya, maka ia mati dalam keadaan suhul khatimah," pungkas Sudirman.

Ia berpesan, seluruh jamaah merenungi apa yang menjadi perintah Allah swt agar senantiasa direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari pula kita hindari segala apa yang berujung kerusakan. Baik kerusakan jasmani maupun rohani," tutup Sudirman. (TribunPinrang.com)

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, @herysyahrullah

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved