Rusdin Tompo Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kritis Bagi Anak-anak

Sebelum presentasi dan diskusi, ditampilkan juga pesan dan apresiasi dari penggagas dan pegiat jaringan SMSG, Najeela Shihab, melalui layar monitor.

Rusdin Tompo Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kritis Bagi Anak-anak
handover
Penulis dan Aktivis LSM, Rusdin Tompo usai jadi pembicara di Talkshow Edukasi (TEDs) bertema Gawat Darurat Pendidikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Anak-anak harus diakui memiliki skill yang semakin baik tapi lemah dari sisi pendidikan karakter.

Karena itu, perlu keterlibatan semua pihak untuk membantu anak-anak keluar dari situasi ini, bukan semata menyodorkan tanggung jawab pada guru dan sekolah tapi orang tua juga mesti mengambil peran.

Inilah kesimpulan yang mengemuka dari Talkshow Edukasi (TEDs) bertema Gawat Darurat Pendidikan, di GO-FOOD Festival Eat Out Karebosi, Makassar, beberapa waktu lalu.

Acara ini menampilkan pembicara dari lintas generasi dengan latar belakang berbeda, seperti Wahyu Try Baharsyah (Inisiator Talktive Indonesia), Ruslan (Kabid MGTK Dinas Kota Makassar) dan Rusdin Tompo (Penulis dan Aktivis LSM).

Koordinator Semua Murid Semua Guru (SMSG) Sulawesi Selatan, Riska mengatakan, kegiatan yang dilakukannya merupakan bagian dari Pesta Pendidikan yang sudah berlangsung selama tiga tahun.

Sebelum presentasi dan diskusi, ditampilkan juga pesan dan apresiasi dari penggagas dan pegiat jaringan SMSG, Najeela Shihab, melalui layar monitor.

Kegiatan TEDs 2019 ini dilakukan di beberapa kota lainnya, namun Makassar yang pertama.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Abdul Rahim saat membuka acara ini menekankan pentingnya semangat belajar, yang bisa dilakukan kapan saja di mana saja, sepanjang masa.

"Tuntutlah ilmu dari taman kanak-kanak hingga taman makam pahlawan," kata Abdul Rahim.

Abdul Rahim mengatakan, bisa memahami jika tema ini merujuk pada kasus-kasus kekerasan yang menimpa anak-anak di sekolah yang kemudian viral di media sosial, karena kekerasan bukan saja antarsiswa bahkan guru juga jadi korbannya.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved