Incar Dana Pusat, DPRD Bahas Ranperda Kecamatan Baru Takalar

Rapat paripurna DPRD Takalar yang membahas penyusunan pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke itu berlangsung dari pagi hingga sore.

Incar Dana Pusat, DPRD Bahas Ranperda Kecamatan Baru Takalar
Humas Pemda Takalar
Warga Pulau Tanakeke berfoto bersama Bupati dan anggota DPRD Takalar setelah rapat paripurna DPRD Takalar digelar di gedung DPRD Takalar, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Senin (15/4/2019) pagi sampai sore. 

TRIBUNTAKALAR.COM, PATTALASSANG - Warga Pulau Tanakeke berbondong-bondong menghadiri rapat Paripurna di Kantor DPRD Takalar, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Pattallassang, Senin (15/04).

Rapat paripurna DPRD Takalar yang membahas penyusunan pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke itu berlangsung dari pagi hingga sore.

Warga bersama beberapa kepala desa tiba di kantor DPRD Takalar membawa spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada bupati, wakil bupati dan DPRD atas terbitnya rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pembentukan kecamatan baru itu.

Ketua DPRD Takalar M Jabir Bonto menyampaikan, pihaknya juga membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sebagai tindak lanjut penetapan Kecamatan Kepulauan.

Baca: Dua Kepala Desa di Takalar Diberhentikan Sementara

Baca: Bawaslu Takalar Awasi Acara Kumpul-kumpul Warga

Setelah penetapan Ranperda ini, maka Pemerintah Kabupaten Takalar harus segera melakukan permintaan kode wilayah.

Sehingga dapat dilakukan permintaan anggaran ke pusat dan pembangunan infrastruktur.

"Setelah kode wilayah terbit, kita sudah bisa usulkan penganggaran, termasuk pembangunan infrastruktur di Pulau Tanakeke," ucap M Jabir Bonto.

Dia menambahkan, sebagai daerah pemekaran baru, Kecamatan Kepulauan Tanakeke sangat membutuhkan dana untuk membangun fasilitas pemerintahan dan pelayanan.

Kepulauan Tanakeke yang terdiri atas 12 pulau dan berdekatan satu sama lain sebelumnya masuk wilayah Kecamatan Mappakasunggu.

Baca: Bawa Sabu, Pemuda Asal Mangarabombang Takalar Diamankan Polisi

Baca: Sepasang Kekasih Pengedar Sabu di Takalar Diamankan Polisi

Meski banyak gugusan pulau, namun kepulauan itu hanya terdiri atas lima desa yaitu, Desa Maccini Baji, Desa Mattiro Baji, Desa Rewataya, Desa Tompo Tanah, dan Desa Balang Datu.

Jumlah penduduk di Tanakeke sekitar 12 ribu orang, dengan mata pencaharian utama yaitu pertanian, perikanan, tambak, dan nelayan.(TribunTakalar.com)

Penulis: yudie
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved