3 Jurnal FTI UMI Terindeks di SINTA, Dekan Apresiasi Seluruh Pengelola

Sebanyak 3 jurnal dikelola Fakultas Teknologi Industri pada Universitas Muslim Indonesia ( FTI UMI) akhirnya terindeks di SINTA.

3 Jurnal FTI UMI Terindeks di SINTA, Dekan Apresiasi Seluruh Pengelola
TRIBUN TIMUR/MUNAWWARAH AHMAD
Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara H Wata ASEAN Eng 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebanyak 3 jurnal dikelola Fakultas Teknologi Industri pada Universitas Muslim Indonesia ( FTI UMI) akhirnya terindeks di SINTA.

Ketiga jurnal tersebut, yakni Journal of Industrial Engineering Management (JIEM) pada Jurusan Teknik Industri, Jurnal Geomine pada Jurusan Teknik Pertambangan, dan Journal of Chemical Process Engineering (JCPE) pada Jurusan Teknik Kimia.

JIEM terindeks dengan grade 3, Geomine terindeks dengan grade 4, dan JCPE terindeks dengan grade 5.

Informasi atas 3 jurnal dikelola 3 jurusan pada FTI UMI terindeks di SINTA disampaikan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan pada Kemenristek Dikti.

SINTA atau Science and Technology Index merupakan situs berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti/penulis/author, kinerja jurnal, kinerja institusi Iptek.

Berbeda dengan sistem lain yang telah ada sebelumnya di Indonesia, SINTA memiliki fungsi relasi, sitasi, dan pengindeks.

SINTA juga menggunakan sistem entry-exit digital dan dikelola secara multisektor yang mempunyai tugas dan fungsi sinergis, yakni Kemenristek Dikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI.

Merespon hal tersebut, Dekan FTI UMI, Zakir Sabara H Wata menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pengelola jurnal.

"Saya sebagai dekan memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pengelola jurnal di FTI UMI yang telah bekerja dengan serius dalam mengelola jurnal secara profesional," kata Zakir Sabara H Wata dalam siaran persnya, Kamis (11/4/2019).

SINTA bukanlah satu-satunya yang telah mengindeks jurnal dikelola FTI UMI.

Ada Google Scholar, LIPI, dan Garba Rujukan Digital (Garuda).

JIEM, Geomine, JCPE juga telah memiliki DOI (Digital Object Identifier) dari pengindeks internasional CrossRef.

Zakir Sabara H Wata mengatakan, jurnal dikelola fakultasnya diharapkan menjadi wadah sharing hasil riset dan kajian bukan saja bagi sivitas akademika FTI UMI Makassar, namun juga bagi kalangan akademik dari seluruh dunia dalam bidang terkait.

Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved