KPU Pinrang: Lansia Berhalangan Fisik Bisa Didampingi Saat Mencoblos

Hal itu disampaikan Divisi Teknis KPU Pinrang Yudiman dalam kegiatan uji coba nasional aplikasi Sistem Perhitungan (Situng) Pemilu di Hotel MS

KPU Pinrang: Lansia Berhalangan Fisik Bisa Didampingi Saat Mencoblos
hery/tribunpinrang.com
Komisi Pemlihan Umum (KPU) Pinrang menggelar kegiatan uji coba nasional aplikasi Sistem Perhitungan (Situng) Pemilu tahun 2019. 

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Pemilih lanjut usia yang memiliki halangan fisik, dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 mendatang, dapat didampingi pendamping dari anggota KPPS atau orang lain sesuai permintaan pemilih.

Hal itu disampaikan Divisi Teknis KPU Pinrang Yudiman dalam kegiatan uji coba nasional aplikasi Sistem Perhitungan (Situng) Pemilu di Hotel MS, Jl Sukawati, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Rabu (10/4/2019) siang.

"Itu merupakan salah satu isi dari Surat Edaran KPU RI Nomor : 653/PL.02.6.-SD/06/KPU/IV/2019," katanya.

Selain itu, ada pula pelayanan khusus bagi pemilih yang tidak dapat datang ke TPS karena sakit.

"Pelayanan dilakukan dengan cara KPPS mencatat pemilih yang bersangkutan ke dalam Formulir C7 KPU, lalu membawanya ke tempat bersangkutan dengan mengikutsertakan saksi atau pengawas," papar Yudiman.

Ia menambahkan, masih banyak rentetean aturan yang termaktub dalam surat edaran KPU RI. Seperti halnya soal saksi.

"Dijelaskan bahwa saksi yang masuk di TPS wajib membawa dan menyerahkan surat mandat paling lambat sebelum rapat pemungutan suara dilaksanakan," jelasnya.

Jika terdapat saksi membawa surat mandat dalam bentuk fotocopy atau tanda tangan elektronik, lanjut Yudiman, maka saksi yang bersangkutan hanya dipekenankan menghadiri rapat penghitungan suara jikalau surat mandat yang asli sudah diterima KPU.

"Selain itu, yang berhak mengikuti proses rekapitulasi hasil penghitungan suara adalah saksi yang ditunjuk antara Pimpinan Parpol dan pasangan calon atau tim kampanye tingkat di atasnya," pungkasnya.

(TribunPinrang.com)

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, @herysyahrullah

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved