Dinkes Luwu Timur Susun Rencana Operasional Germas Lintas Sektoral

Tujuannya guna mengoptimalkan program Germas sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat.

Dinkes Luwu Timur Susun Rencana Operasional Germas Lintas Sektoral
ivan/tribunlutim.com
Dinas Kesehatan Luwu Timur menyusun rencana operasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tahun 2019 di Balroom Hotel I Lagaligo, Jl Soekarno Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Senin (8/4/2019) sore. Tujuannya guna mengoptimalkan program Germas sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Dinas Kesehatan Luwu Timur menyusun rencana operasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tahun 2019.

Kegiatan melibatkan 20 peserta lintas sektor berlangsung di Balroom Hotel I Lagaligo, Jl Soekarno Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Senin (8/4/2019) sore.

Tujuannya guna mengoptimalkan program Germas sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat.

Asisten Administrasi Umum Luwu Timur, Aini Endis Anrika mengatakan Indonesia sudah mengalami perubahan pola penyakit dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker dan penyakit tidak menular lainnya.

"Meningkatnya penyakit tidak menular ini disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik,"

"Ditambah rendahnya minat mengkonsumsi buah dan sayur namun lebih banyak, serta mengkonsumsi rokok dan alkohol," kata Aini kepada TribunLutim.com, Senin (8/4/2019).

Upaya promotif dan preventif lewat Germas kata Aini, peningkatan angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular maupun tidak menular dapat ditekan dan dicegah secara efektif.

Ia berharap Germas dijadikan sebagai panduan bagi lintas sektoral berpartisipasi aktif mendorong masyarakat.

"Sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup yang sehat," imbuhnya.

Kedepan diharapkan peran lintas sektoral dalam Germas dan informasi pedoman umum tentang program Germas dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Balobo Abbas mengatakan kegiatan bertujuan memberikan pemahaman kepada lintas sektor/organisasi perangkat daerah terkait tugas dan fungsinya. Hadir Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, April.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved