Pemerintah Klaim Salurkan KUR Rp 23 T, Sulawesi Kebagian 11%

Penyaluran KUR terus menunjukkan tren positif sejalan permintaan kredit sektor produksi.

Pemerintah Klaim Salurkan KUR Rp 23 T, Sulawesi Kebagian 11%
Tribun Wow
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengklaim telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 23 triliun hingga Februari 2019.

Adapun target penyaluran KUR kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2019 senilai Rp 140 triliun.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir menyebut penyaluran KUR terus menunjukkan tren positif sejalan permintaan kredit sektor produksi.

Baca: 2018, Pertamina Salurkan Rp 8,5 Miliar Pembiayaan ke UMKM di Sulsel

Baca: 31 Bus Cahaya Bone Layani Rute Makassar-Palu, Akan Buka 3 Rute Baru

“Strategi kami menurunkan bunga menjadi tujuh persen mulai terlihat. Saat ini permintaan KUR luar biasa,” ujar Iskandar di Hotel Harris, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

“Dulu demand KUR ini rendah. Itu kan berarti harga keseimbangan sebelumnya terlalu tinggi. Itulah alasan kita turunkan suku bunga supaya UMKM punya akses pembiayaan kredit,” lanjutnya.

Iskandar melihat ada yang ironi dalam penyaluran KUR sehingga usaha kecil kesulitan berkembang.

“Pertambangan tidak boleh lagi dapat KUR, masa petani garam yang miskin tidak dapat bantuan. Sekarang kita ubah semua UMKM sepanjang produktif boleh dapat KUR," tuturnya.

11 Persen di Sulawesi

Penyaluran KUR sampai dengan 31 Desember 2018 mencapai Rp 120 triliun. Realisasi tersebut mencapai 97,2 persen dari target KUR 2018 sebesar Rp 123,801 triliun.

Penyaluran KUR masih didominasi KUR Mikro sebesar 65,6 persen, diikuti dengan skema KUR Kecil 34,1 persen dan KUR TKI 0,3 persen.

Baca: Otoritas Jasa Keuangan Catat Pinjaman Fintech Tembus Rp 28,36 Triliun

Baca: OJK Tantang Sulsel Jadi Pionir Terbitkan Obligasi Daerah

Iskandar mengatakan, penyaluran KUR untuk sektor produksi terus berjalan. Sampai dengan 31 Desember 2018 tercatat porsi penyaluran KUR sektor produksi yakni pertanian, perikanan, industri, konstruksi, dan jasa-jasa sebesar 46,8 persen.

Menurut wilayah, penyaluran didominasi di Jawa dengan porsi penyaluran sebesar 55 persen. Diikuti dengan Sumatra 19,4 persen dan Sulawesi 11,1 persen.(*)

Artikel ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul artikel "Pemerintah Klaim Sudah Salurkan KUR Rp 23 Triliun Per Februari 2019".

Editor: Hasriyani Latif
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved