Wabup Sidrap Harap Pembangunan PLTB Tahap II Dimulai Tahun Ini

Masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW, sehingga total kapasitas yang dihasilkan oleh 30 turbin adalah 75 MW.

Wabup Sidrap Harap Pembangunan PLTB Tahap II Dimulai Tahun Ini
Fadly/Tribun Timur
Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf (tengah) turut hadir pada hari pertama Press Tour PLN di PLTB Sidrap, Rabu (27/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kapasitas pembangkit listrik tenaga angin atau bayu di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulsel akan ditingkatkan.

Assistant Manager Development PT UPC Sidrap Bayu Energi Tahap Dua, Hesti Kasman mengatakan, ekspansi PLTB tersebut akan rampung dalam dua sampai dengan tiga tahun.

Upaya ekspansi itu pada pembangkit yang sudah ada, jadi bukan membuat pembangkit baru.

"Tadinya hanya berkapasitas 75 megawatt, kemudian diekspansi tambah 50 megawatt atau 60 megawatt sehingga kapasitasnya menjadi 125-130 megawatt," ujar Hesti di sela Press Tour PLN 2019 dikantornya, Rabu (27/3/2019).

PLTB Sidrap merupakan PLTB terbesar yang beroperasi di Indonesia. PLTB ini memiliki 30 kincir angin dengan tinggi tower 80 meter dan panjang baling-baling 57 meter.

Masing-masing menggerakkan turbin berkapasitas 2,5 MW, sehingga total kapasitas yang dihasilkan oleh 30 turbin adalah 75 MW.

PLTB Sidrap merupakan PLTB komersial pertama yang dibangun PT UPC Sidrap Bayu, dan mampu mengaliri listrik sebanyak 100 ribu untuk rumah tangga dengan keperluan daya 450 KVA.

Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf mendukung penuh upaya tersebut. Bahkan ia berharap pembangunannya dapat dilakukan secepat mungkin.

"Yah kami harap UPC ini terus berinvestasi di Sidrap. Kita akan dukung penuh," kata Mahmud.

Sebelumnya, Senior Depelover PT UPC Sidrap Bayu Energi, Niko Priambada mengatakan, proyek PLTB tahap kedua ini rencananya akan dibangun di sejumlah kawasan di Kecamatan Watangpulu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved