SMK di Sinjai Butuh Jaringan Permanen dan Komputer untuk UNBK

Hanya saja keluhan yang diserap oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai menyebutkan bahwa masih banyak sekolah yang belum memiliki jaringan permanen.

SMK di Sinjai Butuh Jaringan Permanen dan Komputer untuk UNBK
Samba/Tribun Sinjai
Siswa SMK Bontoasa, Sinjai Selatan mengikuti UNBK. 

TRIBUN-SINJAI.COM, SINJAI UTARA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini serentak menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (26/3/2019).

Sebanyak tiga SMK Negeri dan satu swasta di Kabupaten Sinjai yang menyelenggarakan UNBK berjalan lancar.

Hanya saja keluhan yang diserap oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai menyebutkan bahwa masih banyak sekolah yang belum memiliki jaringan permanen.

Selain itu jumlah komputer yang belum mencukupi sehingga siswa masih harus meminjam dan membawa laptop dari rumah.

"Atas masalah itu, kita berharap di Sinjai kepada pemerintah provinsi di Makassar agar dapat membantu masing-masing sekolah di Sinjai," kata Ketua Dewan Pendidikan Sinjai, Dr Hermansyah usai meninjau langsung pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Sinjai.

Kedepannya dia berharap agar siswa tidak membawa dan mengusahakan sendiri laptop dari rumah atau meminjam ke tetangganya karena risikonya tinggi jika harus meminjam ketimbang sekolah melalui pemerintah menyiapkan fasilitas.

Sementara di SMK Bontoasa Desa Polawali, Kecamatan Sinjai Selatan oleh guru di sekolah itu harus berjuang untuk mengadakan jaringan sendiri dari PT Telkomsel karena di pedalaman Sinjai itu tidak memiliki jaringan internet Telkom.

"Hasil pemantauan dan konfirmasi di sekolah, keluhan siswa atas soal dan layanan tidak masalah, sehingga pelaksanaan ujian nasional berjalan lancar dan tertib. Dewan pendidikan melihat bahwa sarana komputer dan jaringan memang perlu dipikirkan untuk menambah dan memperkuat jaringan di setiap sekolah nantinya," tambah Hermansyah.

Demikian juga nantinya untuk SMA di Sinjai juga diharapkan ketersediaan fasilitas komputer dan jaringan yang memadai. Khusus untuk SMA menyelenggarakan ujian pada 1 April mendatang. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved