Amin DB, Milenial Takalar Dibalik Sukses Film Anak Karaeng

Sutradara milenial asal Takalar ini menceritakan awal ia terjun ke dunia penyutradaraan, suka dukanya dan beberapa hal tentang proses kreatifnya.

Amin DB, Milenial Takalar Dibalik Sukses Film Anak Karaeng
syahrul/tribuntakalar.com
Kru dan pemain film Anak Karaeng berfoto setelah pemutaran film. 

TRIBUNTAKALAR.COM, TAKALAR - Film Anak Karaeng sukses menggaet ribuan penonton di tahun 2018.

Total 3700 tiket ludes diburu penonton. 3000 orang pada penayangan pertama dan 700 orang pada penayangan kedua di hotel Grand Kalampa, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar.

Di balik suksesnya film ini, peran sang sutradara Amin DB sangatlah vital.

Sutradara milenial asal Takalar ini menceritakan awal ia terjun ke dunia penyutradaraan, suka dukanya dan beberapa hal tentang proses kreatifnya.

"Awal saya menulis naskah film dan terlibat dalam penyutradaraan tahun 2015. Judul filmnya Selembar Daun. Tapi film itu masih banyak kekurangan," terang Amin yang juga berprofesi sebagai guru honorer di Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan ini.

"Terus di tahun 2017 saya dipercaya oleh Departemen Agama Takalar menggarap film pendek untuk festival film bertema pendidikan. Judulnya Madrasah Ini. Alhamdulillah kami juara tiga tingkat Sulselbar. Dan terakhir tahun 2018 film Anak Karaeng. Ini film yang saya garap secara profesional dengan melibatkan kameramen dari Element Creative Makassar," tambah Amin.

Bagi Amin pilihannya tenggelam dalam dunia penyutradaraan didasari atas kegemarannya menulis.

"Saya anggap setiap naskah yang saya buat itu punya karakter tokoh yang unik dan berbeda dari yang lain. Maka saya bepikir menjadi sutradara itu harus tahu betul keinginan naskah. Dari situ saya tertarik," tambah Amin DB.

"Tentu kerja-kerja sutradara tidak lancar-lancar saja. Misal ketika menghadapi pemain yg susah hapal naskah dan susah mendalami karakter tokohnya. Peran sutradara terlihat di situ. Tapi saya senang karena menjadi sutradara memberikan tantangan baru," jelasnya.

Ciri Unik Karya Amin DB

Halaman
123
Penulis: Muh Syahrul Padli
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved