Ada Apa, Disdukcapil Toraja Utara Terbitkan 71 e-KTP untuk Anak Belum 17 Tahun

Hal itu dilakukan karena pihak Bawaslu mengetahui 71 warga dibuatkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) padahal belum berusia

Ada Apa, Disdukcapil Toraja Utara Terbitkan 71 e-KTP untuk Anak Belum 17 Tahun
risnawati/tribuntoraja.com
Ketua Bawaslu Toraja Utara, Andarias Duma dan Komisioner Gabriel Rumbayan 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Toraja Utara menegur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemkab Toraja Utara.

Hal itu dilakukan karena pihak Bawaslu mengetahui 71 warga dibuatkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) padahal belum berusia 17 tahun.

"Kemarin sudah kami bicarakan pada acara coffee morning jelang Pemilu di kantor Pemda, kami tekankan penarikan 71 e-KTP dari 21 Kecamatan," ucap Ketua Bawaslu Toraja Utara, Andarias Duma kepada TribunToraja.com, Rabu (20/3/2019).

Dikatakan, Bawaslu demi antisipasi adanya pengadaan e-KTP anak belum cukup umur jika sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan memiliki surat keterangan (Suket) bisa memilih pada 17 April 2019 mendatang.

"e-KTP sudah dikeluarkan Dukcapil dan akan ditarik kembali dukcapil sendiri," jelasnya.

Jelas Andarias, jika pemilih 71 berKTP itu menjadi pemilih kategori daftar pemilih khusus dan di TPS tidak jeli diperhatikan oleh Anggota KPPS.

"Kami antisipasi, maka itu disampaikan ke forum tadi agar Dinas Dukcapil segera mengevaluasi dan mengecek cepat penarikannya sesuai surat dikeluarkan Kadis Dukcapil," tambah Andarias.

Sebab, jika belum ditarik Dukcapil Toraja Utara nantinya akan dipakai sebagai pemilih yang wajib mutlak punya e-KTP dan bukan suket kecuali DPT dan DPTb.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved