Thorig Husler Target Luwu Timur Jadi Sentra Pembibitan dan Penangkaran Kakao Sulsel

Pemerintah Kabupaten (pemkab) bertekad menjadikan Luwu Timur sebagai sentra utama pembibitan dan penangkaran benih unggul kakao di Sulawesi Selatan

Thorig Husler Target Luwu Timur Jadi Sentra Pembibitan dan Penangkaran Kakao Sulsel
Ivan Ismar
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler saat bersilaturahmi dengan perkumpulan penangkar benih tanaman perkebunan se-Luwu Timur di MTs Lambara Harapan, Desa Laro, Kecamatan Burau, Minggu (1732019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (pemkab) bertekad menjadikan Luwu Timur sebagai sentra utama pembibitan dan penangkaran benih unggul kakao di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Seperti diutarakan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler saat bersilaturahmi dengan perkumpulan penangkar benih tanaman perkebunan se-Luwu Timur di MTs Lambara Harapan, Desa Laro, Kecamatan Burau, Minggu (17/3/2019).

Baca: Persiapan Ekspor, Luwu Timur Bakal Bangun Gudang SRG Lada di Pekaloa

Thorig Husler mengatakan potensi perkebunan tanaman kakao menjadi salah satu produk pertanian Luwu Timur yang cukup menjanjikan.

"Adanya penangkaran bibit kakao diharapkan menghasilkan bibit berkualitas, sekaligus dapat meningkatkan produksi petani nantinya," kata Husler kepada TribunLutim.com, Senin (18/3/2019).

Husler menyebut kondisi iklim, lokasi penanaman dan kemampuan petani yang saling mendukung akan menghasilkan benih yang berkualitas dengan tingkat produktivitas yang cukup tinggi.

Baca: Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku Latih Petani Luwu Timur Budidaya Jagung

"Ditambah lagi bibit yang dihasilkan petani di daerah ini sudah dikenal dan diakui kualitasnya," tutur Suami Puspawati Husler.

Ia mengajak penangkar bisa memaksimalkan potensi agar dapat meningkatkan kualitas benihnya agar benih tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Ketua penangkar pun diharapkan memberi pembinaan kepada penangkar yang ada, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga petani tidak lagi merasa kekurangan bibit.

Sementara Ketua Perkumpulan Penangkar Benih Luwu Timur, Andi Amirullah mendukung langkah pemkab menjadikan Luwu Timur sentra penangkar bibit di Sulsel.

"Harapan kami, Pemerintah Daerah memberikan dukungan agar Kabupaten Luwu Timur jadi sentra penangkar benih segera terwujud," harapnya.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, @vanbo19

Baca: Salurkan Bantuan di Pancakarsa, Wabup Luwu Timur Minta Kades Aktif Pantau Kondisi Warga

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Baca: Kabar Gembira! Kenaikan Gaji PNS 2019 Dibayar Bulan Depan, Gaji 13 & 14 Juga, Berikut Rinciannya

Baca: Hasil Liga Italia - Video Hujan Lima Gol Milan vs Inter dan Klasemen Sementara, Juve-Roma Kalah

Baca: Hasil Debat Cawapres-Mengenal Penyakit Stunting, Bagaimana Solusi dari Maruf Amin dan Sandiaga Uno?

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved