KPUD Mamuju Sosialisasi Pemilu ke Napi di Rutan

Kegiatan ini dipimpin langsung ketua KPUD Mamuju Hamdan Dankang dan komisioner KPUD Mohammad Rivai.

KPUD Mamuju Sosialisasi Pemilu ke Napi di Rutan
handover
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamuju beri sosialisasi tentang pemilu 2019 pada Narapidana (Napi) dan tahanan rutan Mamuju Sulbar, di Aula Rutan Mamuju Jl Pengayoman, Sabtu (16/3/2019).

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mamuju beri sosialisasi tentang pemilu 2019 pada Narapidana (Napi) dan tahanan rutan Mamuju Sulbar, di Aula Rutan Mamuju Jl Pengayoman, Sabtu (16/3/2019).

Kegiatan yang mengusung tema "Gunakan Hak Pilih untuk Menentukan Nasib Bangsa” ini diikuti sedikitnya 50 orang perwakilan napi/ tahanan.

Kepala Rutan Mamuju Abdul Rachman mengatakan 50 tahanan terdiri dari berbagai golongan.

"Terdiri dari 22 perempuan, 15 orang yang berusia di atas 50 tahun dan 13 orang yang pendidikannya sampai dengan SMP," katanya dalam rilis ke Tribun Timur, Minggu (17/3/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung ketua KPUD Mamuju Hamdan Dankang dan komisioner KPUD Mohammad Rivai.

Adapun materi sosialisasi yakni tentang daftar pemilih,tata cara pencoblosan,larangan pada pemilu dan hal teknis lain terkait pemilu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Harun Sulianto turut mengapresiasi kegiatan yang digelar KPUD Mamuju.

"Saya sudah perintahkan kepala lapas dan kepala rutan di Sulbar untuk koordinasi dengan KPUD setempat, terkait sosialisasi pemilu dan daftar pemilih tambahan karena pemilih yang sudah terdaftar tapi karena ditahan atau menjalani pidana, sehingga harus pindah memilih di TPS lapas /rutan maka harus difasilitasi agar haknya dapat digunakan," katanya.

Harun juga berharap dengan adanya sosialisasi pemilu ini, diharapkan tingkat partisipasi napi/tahanan meningkat dan tingkat kesalahan pencoblosan menurun.

"Apalagi pemilu kali ini ada lima surat suara, karena bersamaannya pemilu presiden dan pemilu legislatif, "tambah Harun.

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved