Kejati Sulsel Sebar Spanduk Anti Hoax

Mereka melakukan upaya nyata dengan cara menyebar dan memasang sejumlah spanduk atau banner yang berisi ajakan kepada masyarakat

Kejati Sulsel Sebar Spanduk Anti Hoax
hasan/tribun-timur.com
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Maraknya berita bohong (hoax), hate speech (ujaran kebencian), dan black campaign (kampanye hitam), memasuki masa kampanye Pemlihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2019, tak luput dari perhatian Kejaksaan Tinggi Sulselbar.

Mereka melakukan upaya nyata dengan cara menyebar dan memasang sejumlah spanduk atau banner yang berisi ajakan kepada masyarakat agar bersama sama mewujudkan pemilu yang bebas dari hoax.

Banner atau spanduk itu dipasang disejumlah titik jalan. Seperti terlihat di jalan Ahmad Yani Makassar dan  beberapa tempat pusat keramaian.

"Kita pasang dibeberapa tempat strategis, seperti area bandara baik dalam bentuk spanduk maupun di videotron," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin, Minggu (17/03/2019).

Menurut Salahuddin penyebaran informasi bohong atau hoax  dianggap berbahaya.  Karena bisa memprovokasi dan menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat.

Terlebih saat ini sudah memasuki masa kampanye Pemlihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2019. Selain bentuk spanduk, Kejaksaan dan seluruh jajaranya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Saat ini sedang berjalan giat giat di kejari kejari terkait penyuluhan hukum termasuk sosialisasi mengenai pidana pemilu. Sudah banyak kejari kejari yang lakukan," tuturnya.

Dalam waktu dekat ini, Kejaksaan juga berencana mengujungi sejumlah kampus untuk memberikan edukasi tentang bahaya hoax.

"Kalau ini nantinya melalui program Jaksa goes to Campus. Sedang di agendakan unruk dilaksanakan," sebutnya.

Kampanye dan sosialisasi anti hoax kata Salahuddin tidak lain adalah wujud bersama untuk  menciptakan suasana aman serta kondusif, jelang Pemilihan Presiden dan Pileg 2019.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved