Kampanye Rapat Umum, KPU Gowa Tunggu Jadwal Provinsi

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, pihaknya belum menentukan jadwal karena masih menunggu hasil Rapat Koordinasi

Kampanye Rapat Umum, KPU Gowa Tunggu Jadwal Provinsi
ari maryadi/tribungowa.com
Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa belum menentukan jadwal kampanye rapat umum untuk peserta Pemilu se-Kabupaten Gowa.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, pihaknya belum menentukan jadwal karena masih menunggu hasil Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Muhtar Muis mengatakan, jadwal kampanye rapat umum di Kabupaten Gowa akan dibuat sepadan dengan jadwal tingkat nasional maupun provinsi.

"Belum ada (baca: jadwal kampanye rapat umum). Kita masih menunggu hasil rapat dari provinsi," kata Muhtar Muis kepada Tribun Timur, Minggu (17/3/2019).

Kampanye rapat umum merupakan metode kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu selama 21 hari sebelum hari tenang. Kampanye rapat umum ini dimulai dari tanggal 24 Maret hingga 13 April 2019.

Menurut Muhtar, KPU Gowa berupaya menyepadankan jadwal kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, maupun partai politik mengikut jadwal tingkat nasional maupun provinsi.

Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan kampanye rapat umum di Kabupaten Gowa.

Muhtar mencontohkan, apabila Sulsel mendapat bagian jadwal kampanye nasional tingkat pusat, sementara di waktu yang bersamaan Kabupaten Gowa menjadwalkan partai lain dan mengerahkan massa ke Kota Makassar.

Muhtar menilai, hal tersebut bisa membuat massa kubu yang berbeda bertemu di jalan dan berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ini yang berusaha kita hindari sehingga perlu dilakukan penyeragaman. Semoga jadwal-jadwal kampanye yang kita susun ini sepadan dengan jadwal tingkat pusat maupun provinsi," tandas Muhtar.

Muhtar melanjutkan, KPU Gowa berencana menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum tahap kedua untuk menentukan jadwal pelaksanaan.

Rapat Koordinasi ini nantinya akan dihadiri oleh Ketua dan Komisioner KPU Gowa, Komisioner Bawaslu Gowa, serta pengurus partai politik peserta pemilu se-Kabupaten Gowa.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved