Kamar Percontohan Rehabillitasi Narkoba Rutan Kelas 1 Makassar Difasilitasi Tempat Olahraga

Lembaga Rumah Tanahan (Rutan) Kelas 1 Makassar turut berpartisipasi dalam program layanan rehabilitasi medis

Kamar Percontohan Rehabillitasi Narkoba Rutan Kelas 1 Makassar Difasilitasi Tempat Olahraga
Ilham
Lembaga Rumah Tanahan (Rutan) Kelas 1 Makassar turut berpartisipasi dalam program layanan rehabilitasi medis sebagai upaya terhadap para pecandu dan penyalahguna narkoba. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lembaga Rumah Tanahan (Rutan) Kelas 1 Makassar turut berpartisipasi  dalam program layanan rehabilitasi medis sebagai upaya terhadap para pecandu dan penyalahguna narkoba.

"Kita akan coba menyiapkan satu kamar tiap blok narkotika. Ini nantinya menjadi percontohan program rehabilitasi narkotika," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Makassar, Ilham dalam rilisnya.

Menurut Ilham kamar pencontohan rehabilitasi nantinya dijadikan tempat penanganan, pencegahan dan penyembuhan sehingga pelaku tidak menggunakan narkoba lagi setelah keluar nanti.

Disisi lain bertujuan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkoba dibawa kendali para warga binaan. Apalagi di Rutan banyak dihuni  oleh  warga binaan dalam perkara narkotika yang  mencapai 1.200 orang

"Nanti di kamar tersebut bakal difasilitasi sarana bermain atau beraktifitas di aula, seperti lapangan tenis meja, papan catur dan sarana lainnya yang bersifat positif dengan ukuran mini," ujar  Ilham.

Program rehabilitasi disebutkan sangat membantu para penyalahguna narkoba, baik dalam hal pidananya, mental, maupun agar menjadi lebih baik dengan tidak mengulangi kesalahannya.

Sementara  Penanggungjawab Program Rehabilitasi medis pada klinik DR. Saharjo Rutan Kelas I Makassar, Wahida Jalil mengatakan pelayanan medis difokuskan bagi warga binaan sejalan dengan program Ditjen Pemasyarakatan.

"Bahwasanya sebelumnya sudah diperintahkan kepada UPT Pemasyatakatan untuk melaksanakan program rehabilitasi terhadap pengguna narkotika baik medis maupun sosial," sebutnya.

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Hasan Basri
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved