Hadirkan E-Pass Dirut Pelindo IV: Tidak Semua Orang Bisa Masuk Pelabuhan

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV, Farid Padang mengatakan karcis masuk Pelabuhan Makassar merupakan pass atau tanda masuk, bukan biaya parkir.

Hadirkan E-Pass Dirut Pelindo IV: Tidak Semua Orang Bisa Masuk Pelabuhan
Muhammad Fadly Ali
Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV menyediakan E-pass, yang merupakan karcis masuk Pelabuhan Makassar yang diterima setiap pengendara baik roda empat maupun roda dua bukan biaya parkir. Sekaki masuk, roda dua minimal Rp 10 ribu, sedangkan roda empat minimal Rp 15 ribu 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV, Farid Padang mengatakan, karcis masuk Pelabuhan Makassar setiap pengendara baik roda empat maupun roda dua merupakan pass atau tanda masuk, bukan biaya parkir.

Menurutnya, pelabuhan merupakan area terbatas yang hanya diperuntukkan bagi penumpang yang akan berlayar menggunakan moda transportasi kapal laut, maupun kegiatan bongkar muat barang.

“Sehingga, tidak semua orang bisa masuk ke pelabuhan. Artinya, hanya mereka yang memiliki kepentingan di pelabuhan yang bisa masuk, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku,” kata Farid dalam siaran persnya, Sabtu (16/3/2019).

Terkait pass masuk Pelabuhan Makassar, tarif yang tertera sudah berlaku sejak beberapa tahun lalu.

Namun untuk E-pass memang baru resmi berlaku sejak, (1/3/2019) dengan tidak menaikkan dan menurunkan angka tarif yang sudah berlaku sejak lama.

"Sedangkan untuk kendaraan, truk atau kontainer yang setiap hari melakukan aktivitas di Pelabuhan Makassar, dikenakan tarif pass tahunan," katanya.

Kenapa Pelindo IV harus menerapkan E-pass? Karena selain penataan kendaraan yang masuk, juga untuk menghindari praktek yang tidak diinginkan.

Baik oleh level manajemen maupun level paling bawah, yaitu pungutan liar (pungli).

“Nah, dengan adanya sistem E-pass, semuanya diatur secara by system, sehingga pemberian uang tunai sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Penerapan E-pass tersebut sebagai bentuk komitmen Perseroan untuk meningkatkan level of service yang jauh lebih bagus sebagai hub pelabuhan di wilayah timur Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved