Pemkab Toraja Utara Musrenbang, Bupati Kalatiku Tekankan Permasalahan Kemiskinan

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang perubahan RPJMD tahun 2016-2021

Pemkab Toraja Utara Musrenbang, Bupati Kalatiku Tekankan Permasalahan Kemiskinan
Staf Kominfo SP Toraja Utara, Asriani Sirandan dan Muh Arafah
Bupati Toraja Utara membawakan sambutan pada (Musrenbang) perubahan RPJMD tahun 2016-2021 di Hotel Misiliana, Kecamatan Kesu, Kamis (14/3/2019). / Foto Staf Kominfo SP Toraja Utara, Asriani Sirandan dan Muh Arafah. 

TRIBUNTORAJA.COM, KESU - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Musrenbang perubahan RPJMD tahun 2016-2021 di Hotel Misiliana, Kecamatan Kesu, Kamis (14/3/2019).

Dibuka langsung Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan yang dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perwakilan.

Turut hadir Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Czi Hiras M S Turnip, Ketua Pengadilan Negeri Makale Tana Toraja, Timotius Djemey dan Anggota DPRD Toraja Utara.

Baca: Polisi Amankan Dua Pemilik Sabu-sabu di Tallunglipu Toraja Utara

Baca: Pangdam Batalkan Kunjungan ke Enrekang

Baca: Polres Selayar Siap Laksanakan Millennial Road Safety Festival

Baca: Delapan Sirine Peringatan Tsunami Diusulkan Dipasang di Pesisir Pantai Palu

Dalam sambutannya, Bupati Kalatiku mengatakan, perubahan RPJMD menjadi sangat penting dilakukan oleh pemerintah Toraja Utara dalam upaya memperkuat dan menegaskan kembali jabaran visi-misi Bupati dan Wakil Bupati.

"Jelas termuat dalam dokumen perencanaan berupa penguatan tujuan, sasaran dan indikator pembangunan, khususnya bidang prioritas daerah seperti pendidikan, infrastruktur, pariwisata dan pertanian," tutur Kalatiku dalam rilisnya, Jumat (15/3/2019).

Kalatiku berharap dokumen perencanaan dihasilkan telah melalui penyelarasan terhadap masalah dan isu strategis dihadapi serta dinamika perkembangan peraturan yang ada sebagai pedoman dalam menjalankan roda pembangunan.

Sehingga dokumen dapat menjadi pendorong bagi pemerintahan agar meningkatkan pelayanan lebih efektif khususnya, upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan.

"Saya berharap masyarakat Toraja Utara bisa sejahtera, perlu diperhatikan masalah penanganan kemiskinan yang memerlukan pelayanan efektif, pelayanan kita lebih produktif lagi untuk bisa mengurangi kemiskinan itu," ucap Kalatiku.

Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 di bahas dalam Musrenbang perubahan yang tertuang pada dokumen Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2016 tentang RPJMD 2016-2021 ditetapkan Bupati Toraja Utara tertanggal 14 Oktober 2016.

Sedangkan, pelaksanaan perubahan RPJMD berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 pasal 342 ayat 1 butir (a) menjelaskan perubahan RPJMD dapat dilakukan apabila hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan proses perencanaan memerlukan penyesuaian dan perkembangan keadaan, dinamika isu strategis, keuangan daerah serta RPJM Nasional dan Provinsi.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved