Gakkumdu Sinjai: Mizar Tidak Terbukti Kumpulkan Aparat Desa

Berbeda halnya dengan Kepala Desa Bonto Mappiare oleh Bawaslu meningkatkan status laporan tersebut dari Penyelidikan ke Penyidikan.

Gakkumdu Sinjai: Mizar Tidak Terbukti Kumpulkan Aparat Desa
Samba/Tribun Timur
Jumpa pers Bawaslu Sinjai soal status Mizar Roem dan Kades Bonto Mappiare, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUN-SINJAI.COM, SINJAI UTARA- Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai menyatakan Calon Anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Mizar Roem tidak terbukti melakukan pelanggaran pemilu.

Ketua Koordinator Gakkumdu Sinjai, Saifuddin menyampaikan, Mizar tidak terbukti melakukan kegiatan aksi mengumpulkan aparat desa.

Karena tidak terbukti melakukan kegiatan mengumpulkan aparat desa saat melakukan kampanye di Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah 24 Februari lalu.

Sehingga Gakkumdu Bawaslu Sinjai menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi Mizar tidak memenuhi unsur untuk ditingkatkan ke penyidikan.

"Berdasarkan hasil penelitian di sentra Gakkumdu baik pendapat dari Kepolisian maupun Kejaksaan dinyatakan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh terlapor MR tidak memenuhi unsur sangkaan pasal 493 Junto 280 ayat 2. Olehnya itu proses hukum kami nyatakan untuk dihentikan," kata Divisi Hukum Bawaslu Sinjai Saifuddin, Jumat (15/3/2019).

Sebelumnya Mizar bersama Kepala Desa Bonto dilaporkan oleh warga di Bawaslu di Sinjai karena diduga kumpulkan aparat desa di Desa Bonto saat mengadakan sosialisasi sebagai Caleg DPRD Sulsel.

Atas laporan warga tersebut, oleh Bawaslu di Sinjai mengundang Mizar Roem dan Kepala Desa Bonto untuk diperiksa sebagai saksi dalam dugaan itu.

Berbeda halnya dengan Kepala Desa Bonto Mappiare oleh Bawaslu meningkatkan status laporan tersebut dari Penyelidikan ke Penyidikan.

Saat ini Bawaslu Sinjai susah memeriksa 20 orang baik caleg maupun warga aparat sipil terkait dugaan pelanggaran pemilu diperiksa.(*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved