Soal Aplikasi Si Pelintas Laut, Dishub Pangkep Sebut Sudah Berikan ke Pemilik Kapal

Dinas Perhubungan Pangkep sudah memberikan lima aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Transportasi (Pelintas) Laut yang sempat tertunda.

Soal Aplikasi Si Pelintas Laut, Dishub Pangkep Sebut Sudah Berikan ke Pemilik Kapal
TRIBUN TIMUR/MUNJIYAH DIRGA GHAZALI
Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Faisal Yusuf kepada TribunPangkep.com, Kamis (14/3/2019). 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE-- Dinas Perhubungan Pangkep sudah memberikan lima aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Transportasi (Pelintas) Laut yang sempat tertunda.

"Iya sudah diberikan kemarin dan dibagikan kepada lima pemilik Kapal," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Faisal Yusuf kepada TribunPangkep.com, Kamis (14/3/2019).

Dia mengaku alasan Dishub menunda memberikan kepada pemilik kapal karena aplikasi itu sementara dalam tahap perbaikan konektivitas.

Baca: Kejari Luwu Jemput Paksa Terpidana Kasus Penebangan Pohon

Baca: Penyebab Facebook, WhatsApp, Instagram Down Bukan Akibat Serangan DDoS, Kapan Pulih?

Baca: Bingung Daftar BUMN Rekrutmen 2019? Nih Cara Pendaftaran rekrutbersama.fhcibumn.com Biar Tak Keliru

"Itu diperbaiki dulu, ada masalah konektivitas karena kan saya buat server di kantor untuk saling menghubungkan aplikasi tersebut. Kebetulan di kantor koneksi internetnya tidak stabil jadi diperbaiki dan semuanya sudah lancar," ujarnya.

Faisal menyebut, total yang diberikan kepada pemilik kapal yakni sembilan orang. Enam di Dermaga Pangkajene dan tiga di Dermaga Maccini Baji Labakkang.

Sementara tiga lainnya disimpan di speedboat Dinas Perhubungan Pangkep.

"Sebenarnya ini percontohanji, biar sebenarnya tidak dibagikan tetapi ada handphone androidnya bisaji diinstal gratis. Aplikasi berbentuk handphone android tersebut juga hanya dipinjam pakai oleh pemilik kapal karena itu aset Pemkab Pangkep," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jumat (8/3/2019) lima aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Transportasi Laut (Si Pelaut) untuk para pemilik kapal di Dermaga Pangkajene Pangkep belum terbagi sampai bulan Maret 2019 ini.

Padahal, alat Si Pelaut ini sudah launching bulan Januari 2019 dan rencananya akan diberikan langsung Dinas Perhubungan Pangkep kepada para pemilik kapal.

Sarana Sistem Informasi Pengawasan Transportasi Laut ini berupa bantuan handphone android yang di dalamnya ada aplikasi Si Pelintas Laut.

Bantuan ini dari anggaran APBD 2018 dengan total nilai Rp 90 juta.

Aplikasi ini berguna untuk memantau aktivitas pelayaran kapal penumpang dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar.

Laporan Wartawan TribunPangkep.com, @munjidirgaghazali

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

A

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved