Rektor Unismuh Paparkan Pencapaiannya di Depan Tim Asesor BAN-PT

Hadir dalam acara penjemputan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo Prof Dr Jasruddin, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel

Rektor Unismuh Paparkan Pencapaiannya di Depan Tim Asesor BAN-PT
sukmawati/tribun-timur.com
Suasana visitasi akreditasi institusi oleh Empat Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Unismuh Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Empat Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof Dr Ir Jamasri dari UGM, Dr Ir Mery Hasmeda MSc dari Unsri, Drs Drs Haryadi, MSc dari Universitas Jenderal Sudirman dan Dr Kusnanto dari Unair menyambangi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/3/2019).

Kunjungan tersebut dalam rangka visitasi akreditasi institusi.

Hadir dalam acara penjemputan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo Prof Dr Jasruddin, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof Dr H Ambo Asse MAg dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM mengatakan visitasi akreditasi institusi oleh BAN-PT merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan.

"Dalam kurun waktu empat tahun telah melakukan berbagai upaya perbaikan untuk perubahan dalam rangka untuk mencapai visi perguruan tinggi Islam terkemuka, unggul, terpercaya dan mandiri pada tahun 2024," katanya melalui rilisnya, Kamis (14/3/2019).

Ia menjelaskan, untuk mencapai visi perguruan tinggi maka Unismuh menyusun program strategis sebagai pedoman untuk mewujudkan visi perguruan tinggi.

"Dalam program strategis untuk bidang akademik, yakni peningkatan mutu produk Unismuh, khusus untuk prestsi akademik, rata-rata IPK mahasiswa 3,5 dan masa studi 4 hingga 4,5 tahun.

"Dalam bidang sumber daya, empat tahun yang lalu dosen Unismuh yang bergelar doctor baru 80 orang, sekarang ini dosen Unismuh yang bergelar doctor sebanyak 174 orang sedang yang lanjut studi S3 sebanyak 127 orang," ujarnya.

Prof Abdul Rahman juga menuturkan, Unismuh menargetkan dosen Unismuh Makassar yang bergelar doctor tahun 2020 sudah bisa mencapai 300 orang.

Dalam hal jenjang jabatan, empat tahun yang lalu dosen Unismuh yang bergelar professor belum ada sekarang ini sudah ada tujuh orang dosen Unismuh yang bergelar guru besar (professor).

"Ada lima lagi dosen Unismuh saat ini dalam proses pengusulan pangkat guru besarnya. Sehingga rektor berharap 2020, dosen Unismuh yang memiliki pangkat guru besar mencapai 12 orang," jawabnya.

Sementara dosen yang berpangkat lector kepala, empat tahun yang lalu baru sebanyak 60 orang, saat ini sudah tercatat 127 orang.

"Terkait dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pembelajaran, empat tahun lalu menara Iqra lantai 18 masih dalam konstruksi, sekarang ini menara Iqra sudah dimanfaatkan semua lantai. Terkait dengan bidang kemahasiswaan, maka prestasi mahasiswa dalam penilaian Kemenristekdikti 2018, Unismuh berada di peringkat 79," tuturnya.

Ia menambahkan dalam bidang pembinaan, pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyaan, yakni salat fardhu berjamaah di masjid dalam kampus.

Sementara di bidang kerjasama, telah menjalin kerjasama yang saling memberikan manfaat sebanyak 137 kerjasama baik luar negeri maupun dalam negeri. Untuk kerjasama luar negeri sebanyak 39 dan kerjasama nasional telah mencapai 100-an. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved