Dugaan Pemukulan, Bawaslu Sinjai Panggil Kades Bonto dan Mizar Roem

"Keduanya kami undang untuk klarifikasi memberikan keterangan terkait insiden dugaan pemukulan," kata Divisi Hukum Bawaslu Sinjai Saifuddin.

Dugaan Pemukulan, Bawaslu Sinjai Panggil Kades Bonto dan Mizar Roem
Samba/Tribun Timur
Divisi Hukum dan Penindakan Saifuddin Tahe. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI UTARA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengundang Kepala Desa Bonto, Mappiare (53) dan Calon Anggota DPRD Sulsel, Mizar Roem.

Bawaslu mengundang mereka terkait laporan Anggota Panwascam Kecamatan Sinjai Tengah Muh Sukardi (26) ke Bawaslu lalu.

Bahwa dirinya telah dipukul oleh terduga Mappiare saat mengadakan pemantauan kegiatan sosialisasi Caleg Mizar Roem di rumah aparat Desa Saotengah pada 24 Februari lalu.

Baca: Pemuda di Batubulerang Sinjai Tewas Gantung Diri Setelah Antar Pacarnya

Baca: 30 Dusun di Sinjai Tanpa Listrik- Cerita Warga yang Harus Tempuh 14 Km Untuk Beli Minyak Tanah

Atas dugaan pemukulan itu sehingga Bawaslu memeriksa Mappiare dan Mizar Roem di kantor setempat pada Rabu (13/3/2019) kemarin.

"Keduanya kami undang untuk klarifikasi memberikan keterangan terkait insiden dugaan pemukulan," kata Divisi Hukum Bawaslu Sinjai Saifuddin, Kamis (14/3/2019).

Sedang hasil pemeriksaannya belum dibeberkan karena masih penyelidikan. Dan jika nantinya memenuhi unsur untuk ditingkatkan penyelidikan maka hasilnya akan disampaikam ke publik dalam waktu dekat ini.

Saifuddin menegaskan bahwa terkait dugaan pemukulan itu jika nantinya terbukti secara hukum maka Kepala Desa Bonto Mappiare dan Mizar Roem terancam hukuman pidana satu tahun penjara.

Dengan mengacu pada Pasal 490 Junto pasal 282 UU No 7 tahun 2017 Tentang Pemiluhan Umum yang berbunyi setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu dalam masa Kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000.

Sementara Mizar Roem Caleg Provinsi dari Partai Nasdem membenarkan pemeriksannya kepada wartawan di kantor Bawaslu Sinjai. 

"Kami percayakan saja proses ini kepada teman-teman di Bawaslu Sinjai," katanya.(*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved