Sidak, Dinas Perdagangan Palopo Temukan 102 Produk Makanan Tanpa Label Halal

Dinas Perdagangan Kota Palopo inspeksi mendadak (Sidak) minimarket di Jl Mangga Dua, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo,

Sidak, Dinas Perdagangan Palopo Temukan 102 Produk Makanan Tanpa Label Halal
TRIBUN TIMUR/HAMDAN SOEHARTO
Dinas Perdagangan Kota Palopo inspeksi mendadak (Sidak) minimarket di Jl Mangga Dua, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Selasa (11/3/2019). 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Dinas Perdagangan Kota Palopo inspeksi mendadak (Sidak) minimarket di Jl Mangga Dua, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Selasa (11/3/2019).

Sidak itu dilakukan sesuai perintah Gubernur Sulawesi Selatan untuk mendeteksi jenis makan olahan yang tidak memiliki label halal.

Kepala Bidang Konsumen, Dinas Perdagangan Kota Palopo, Nurpati mengatakan, dalam sidak itu pihaknya melibatkan dinas kesehatan. Semua tergabung bersama tim gabungan.

Baca: 305 Personil Brimob Bone Periksa Kesehatan

Baca: Wakil Bupati Sinjai Minta Aparat Desa Ketahui Visi Misinya

Baca: Jamaah Haji di Palu Jalani Pemeriksaan Tahap 2

Pembuatan tim gabungan itu juga berdasarkan surat edaran Gubernur Sulawesi Selatan untuk menindak makanan kemasan yang tidak memiliki label halal.

"Apabila ada masyarakat yang menemukan makanan kemasan tanpa label halal langsung diadukan langsung ke email perlindungankonsumensulsel@gmail.com, "jelasnya.

Di minimarket tersebut Dinas Perdagangan menemukan sebanyak 102 jenis produk pangan olahan baik impor maupun produk dalam negeri.

Produk yang ditemukan tersebut selanjutnya diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

"Tentunya akan ada panggilan pemilik minimarket agar tidak lagi menyediakan produk tersebut. Produk kami sita dan diserahkan ke Dinas Kesehatan," imbuhnya.

Rencananya sidak produk pangan olahan yang tidak memiliki label halal ini akan rutin dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang membeli produk pangan olahan diminimarket.

Sidak itu akan dilakukan disemua minimarket yang ada di Kota Palopo.

"Kami juga imbau masyarakat agar lebih teliti lagi dalam membeli makanan. Jika tidak ada label halalnya produk itu tidak bisa dijamin apakah aman dikonsumsi atau tidak," kuncinya.

Laporan Wartawan TribunPalopo.Com, @hamdansoeharto_

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Ar

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved