Menteri Amran Sulaiman: Kita Impor Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan ratusan ribu bibit kopi kepada kelompok tani di Tana Toraja maupun Toraja Utara.

Menteri Amran Sulaiman: Kita Impor Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan
TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman setelah bertemu ribuan tani dan membawakan bantuan bibit di Plaza Kolam Makale, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulsel, Selasa (12/3/2019). / Foto Risnawati 

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan ratusan ribu bibit kopi kepada kelompok tani di Kabupaten Tana Toraja maupun Toraja Utara.

Hal itu disampaikannya langsung dihadapan para kelompok tani yang hadir dalam kunjungan kerja Menteri Pertanian, berlangsung di Plaza Kolam Makale, Selasa (12/3/2019).

Amran mengatakan, produksi kopi di Toraja 500-700 kilo pertahun, Kementrian Pertanian memberikan bibit kopi yang bisa produksi 3,5 hingga 4 ton pertahunnya.

Baca: 305 Personil Brimob Bone Periksa Kesehatan

Baca: Wakil Bupati Sinjai Minta Aparat Desa Ketahui Visi Misinya

Baca: Jamaah Haji di Palu Jalani Pemeriksaan Tahap 2

"Kita beri sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan, intinya kita impor sesuai kebutuhan di Toraja," ucapnya.

Lanjutnya, komunitas kopi juga tetap diutamakan agar produksi makin baik di Indonesia yang sudah terbukti naik 29 persen.

Amran menjelaskan, produk domestic bruto (PDB) juga meningkat menjadi 1.450 Triliun di tahun 2018, dibandingkan tahun 2014 dengan angka 900 Triliun.

"Potensi kita ini hebat, justru terbalik makanya ini ku jenggot kopi supaya bisa explore kemana-mana termasuk Australia," tutur Amran.

"Holtikultura yang cocok kita lihat, apa mangga atau durian tetap kita kirim, bibitnya kami siapkan dan total seluruh wilayah di Indonesia anggarannya itu dua tahun berturut-turut sebesar Rp 5,5 Triliun, itu namanya kabinet kerja kerja, bukan kabinet janji," tambahnya.

Tahun 2019 ini, sebanyak 700 Ribu bibit akan terus menerus di bodong dan juga memberikan peternakan ayam, juga kambing.

Selain ribuan bibit kopi dibagikan kepada kelompok tani dua Kabupaten Toraja Utara, Amran juga membagikan bibit jagung dan padi.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Ar

Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved