KPU Pastikan Tak Ada WNA Ikut Pemilu di Gowa

KPU Gowa memastikan tidak ada warga negara asing (WNA) yang berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang.

KPU Pastikan Tak Ada WNA Ikut Pemilu di Gowa
TRIBUN TIMUR/ARI MARYADI
Ketua KPU Gowa Muhtar Muis. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa memastikan tidak ada warga negara asing (WNA) yang berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, telah melakukan penelusuran terhadap keberadaan WNA yang tinggal di Kabupaten berjuluk Butta Bersejarah ini.

Menurut Muhtar, pihaknya sempat menerima laporan mengenai adanya satu penduduk asing. Setelah ditelusuri, kata Muhtar, penduduk asing tersebut rupanya telah tercacat sebagai WNI dan telah melepaskan kewarganegaraan asingnya.

Baca: 305 Personil Brimob Bone Periksa Kesehatan

Baca: Wakil Bupati Sinjai Minta Aparat Desa Ketahui Visi Misinya

Baca: Jamaah Haji di Palu Jalani Pemeriksaan Tahap 2

"Hasil penelusuran, kami menemukan satu orang. Tapi yang bersangkutan bukan lagi WNA, dia sudah jadi WNI berdasarkan data di Disdukcapil," kata Muhtar kepada Tribun Timur, Selasa (12/3/2019).

Muhtar melanjutkan, warga asing yang telah berstatus WNI tersebut sempat tercatat sebagai penduduk Kabupaten Gowa. Namun belakangan telah memilih pindah domisili ke wilayah Banten.

Oleh karena, KPU Gowa mencoret yang bersangkutan dan memastikan tidak ada WNA yang ikut dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang ini.

"Yang bersangkutan telah pindah domisili ke daerah Banten. Kami mencoret dia sebagai pemilih karena tidak memenuhi syarat lagi dengan kategori pindah domisili," sambung Muhtar.

Sementara itu, jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat sebesar 5.025 pemilih di Kabupaten Gowa. Terdiri dari 2.522 pemilih perempuan, dan 2.503 pemilih laki-laki.

Jumlah ini diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi penyempuranaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP) tahap kedua tahun 2019 oleh Kabupaten/kota.

"Jumlah tersebut masih menunggu pleno tingkat nasional," singkat Muhtar.

Laporan Wartawan Tribun Timur @bungari95

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Ar

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved