KPU Luwu Utara: KPPS Wajib Pahami Tugasnya

Menurut Rahmat, usai bimbingan teknis (bimtek) dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS)

KPU Luwu Utara: KPPS Wajib Pahami Tugasnya
dokumen pribadi
Komisioner KPU Luwu Utara, Rahmat. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta petugas ketertiban harus mengetahui, memahami tugasnya ketika pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu 17 April 2019 mendatang.

KPPS juga harus mandiri, jujur, adil dan netral.

Demikian ditegaskan Komisioner KPU Luwu Utara, Rahmat, melalui rilisnya ke TribunLutra.com, Senin (11/3/2019).

Menurut Rahmat, usai bimbingan teknis (bimtek) dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS), akan dilakukan bimbingan yang sama kepada KPPS.

"Bimtek dan tungsura berjenjang, Nanti teman-teman PPS melaksanakan kegiatan yang sama terhadap KPPS," kata dia.

Sebelum tungsura, KPPS lebih dulu mendistribusikan surat pemberitahuan memilih (C6) kepada pemilih paling lambat 14 Maret, membangun TPS ukuran 8 x 10 meter dan menerima logistik TPS sehari sebelum hari H.

"KPPS mendistribusikan C6 dengan cara mendatangi rumah pemilih. Kalau rumah tersebut kosong tidak boleh dititip sama tetangga. C6 misalnya belum tersalur sampai tanggal 16 Maret maka KPPS menyerahkan ke PPS serta sehari setelah tungsura PPS melalui PPK menyerahkan ke KPU Luwu Utara," terang Rahmat.

Dijelaskannya, proses pemungutan suara berlangsung dari pukul 07.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita diawali pengambilan sumpah KPPS dan petugas ketertiban TPS oleh ketua KPPS.

Mengenai saksi peserta Pemilu, ungkap Rahmat, KPPS meminta dan memeriksa mandatnya lalu dipersilahkan masuk ke dalam TPS.

Demikian halnya dengan pengawas TPS, juga mereka diberikan salinan DPT (A3) dan salinan DPTB (A4).

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved