Kisah Inspiratif Owner Kafe 360 Sinjai Selatan

Sejumlah anak muda tersebut masih menggantungkan diri kepada orang lain atau orang tua mereka sebagai tumpuan hidupnya.

Kisah Inspiratif Owner Kafe 360 Sinjai Selatan
Samba/tribunsinjai.com
Owner Kafe 360 Bikeru Sinjai Selatan A Muallim 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI - Ada ribuan anak muda yang tersebar di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan saat ini.

Sejumlah anak muda tersebut masih menggantungkan diri kepada orang lain atau orang tua mereka sebagai tumpuan hidupnya.

Namun berbeda yang di lakukan oleh A Muallim (23). Ia memberanikan diri sebagai owner dengan mendirikan Kafe 360 di Jl Persatuan Raya, Bikeru, Kecamatan Sinjai Selatan.

Alling sapaan Andi Muallim memberanikan diri mendirikan kafe di pusat kota Kecamatan Sinjai Selatan. Ia mencari modal sendiri dan menghimpun dana Rp 20 juta pada akhir tahun 2018 lalu.

Lalu dana tersebut digunakan untuk membeli peralatan kafe dan membangun kerjasama dengan pihak pemilik lokasi kafe di Bikeru, termasuk menjejaki kerjasama dengan pihak pemilik bahan baku menu kafe yang berada di Sinjai dan Makassar.

Mahasiswa Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Kejuruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah (STAIM) Kabupaten Bone ini awalnya pada tahun 2017 dan 2018 lalu sebagai karyawan salah satu kafe di Ibukota Sinjai.

Di tempat itu, ia menimba pengetahuan dari sang pemilik kafe, utamanya meracik minuman segar (jus), kopi dan hingga membuat snack.

Setelah Muallim terampil membuat menu, ia memutuskan mandiri dan mendirikan kafe di sekitar 23 kilometer di bagian selatan Ibukota Sinjai di Bikeru.

" Menjadi seorang pelajar yang terbilang cukup jauh dari keluarga memaksa saya untuk hidup mandiri. Untuk memenuhi kehidupan sehari hari di Kota Sinjai saya bekerja disela sela jadwal kuliah. Disinilah awal saya mengenal usaha Warkop dan semacamnya, dari awal menjadi seorang pelayan, kemudian belajar buat kopi dan minuman kekinian yang di gandrungi kaum milenial sekarang ini.
Bekerja kurang lebih setahun, menbuat saya berkeinginan untuk menbuka usaha suatu saat nanti di kampung sendiri Bikeru Sinjai Selatan," katanya," katanya, Minggu (10/3/2019).

Dan kini dari hasil usahanya itu, Muallim mampu menghidupi dirinya sendiri terutama biaya kuliahnya dan mempekerjakan orang lainnya serta ikut membiayai adik-adiknya yang masih duduk dibangku sekolah. Sebab Muallim dan lima saudara yang lainnya telah ditinggal ayahnya sejak usia 15 tahun lalu.

Dan kini Kafe 360 menjadi kafe kekinian di daerah yang terpadat kedua penduduknya di Kabupaten Sinjai yakni Kecamatan ini memiliki jumlah penduduk 40.810 jiwa. Sedang Kecamatan Sinjai Utara memiliki 49.511 jiwa. (*)

Data Diri
Nama : Andi Muallim
TTL: Sinjai 15 Desember 1996
Hobi : baca buku /bertualang
Pesan : Jangan Pernah Mengeluh dalam Menjalani Keadaan.
Alamat Facebook : allingnrb
Instagram : @allingnrb
Owner Kafe 360
Pekerjaan: Mahasiswa Biologi STIKP Bone

Laporan Wartawan Tribun Timur, Syamsul Bahri
IG.Sambah Sambahrii

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved