1.87 Persen Penduduk Gowa Tercatat Belum Rekam e-KTP

Menurut Ambo, sejumlah warga kadangkala baru datang mengurus ketika ingin mengurus suatu hal yang membutuhkan identitas kependudukan.

1.87 Persen Penduduk Gowa Tercatat Belum Rekam e-KTP
Ari Maryadi/Tribun Timur
Kepala Dinas Dukcapil Gowa, Ambo. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gowa mencatat masyarakat Gowa yang telah merekam e-KTP mencapai 98,06 persen.

Tersisa 1.84 persen warga Kabupaten Gowa yang belum merekam e-KTP. Ada sejumlah alasan sehingga warga ini belum melakukan perekaman e-KTP.

Baca: Polisi Selidiki Laporan Penyalahgunaan Dana di 32 Desa di Kabupaten Gowa

Kepala Disdukcapil Gowa, Ambo mengatakan, e-KTP merupakan kartu identitas yang sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat. Akan tetapi, kata Ambo, masih ada masyarakat yang merasa belum membutuhkan.

Menurut Ambo, sejumlah warga kadangkala baru datang mengurus ketika ingin mengurus suatu hal yang membutuhkan identitas kependudukan.

"Padahal kami sudah turun ke lapangan memanggil warga merekam e-KTP," kata Ambo, Minggu (10/3/2019).

Baca: Ultah, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Dapat Kado Lantunan Ayat Suci Al Quran! Lihat Foto-fotonya

"Ini yang membuat kami bingung mau kemana lagi petugas kita jika seperti ini," sambung Ambo.

Untuk itu ia mengimbau, warga yang sudah menginjak usia 17 tahun ke atas kiranya segara melakukan perekaman e-KTP, termasuk bagi yang sudah menikah.

Ambo juga menilai, masih ada masyarakat yang masih apatis terhadap pengurusan e-KTP. Padahal, kata Ambo, pemerintah telah memberikan kesempatan untuk perekaman.

Ambo juga menjelaskan, pengurusan e-KTP yang bisa diwakili hanya berlaku bagi empat golongan. Antara lain orang yang sakit, cacat mental (gila), cacat fisik, dan lanjut usia.

Baca: KPU Gowa Imbau Pemilih Rampungkan Perekaman e-KTP

"Jumlah penduduk kabupaten Gowa saat ini mencapai 755.235 jiwa dan kita harapkan yang sudah wajib KTP harus segera datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman," sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved