Dinsos Bulukumba Akan Revisi Penerima Rastra

Hal tersebut setelah dilakukan peninjauan langsung di lapangan, seperti di Desa Bontobarua, Kecamatan Bontotiro.

Dinsos Bulukumba Akan Revisi Penerima Rastra
firki/tribunbulukumba.com
Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bulukumba Syarifuddin, saat konferensi pers di Media Center Kantor Bupati Bulukumba, Jumat (8/3/2019). 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bulukumba Syarifuddin, mengaku bakal merevisi beberapa penerima Beras Sejahtera (Rastra), di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal tersebut setelah dilakukan peninjauan langsung di lapangan, seperti di Desa Bontobarua, Kecamatan Bontotiro.

Peninjauan tersebut dilakukan setelah adanya aksi protes warga Bontobarua, Rukiah, yang menuding kepala desanya tak berlaku adil dalam pendistribusian Rastra.

Pasalnya, beberapa tahun terakhir, dirinya terus menerima bantuan. Namun untuk tahun ini, oknum kades mencoret namanya.

Bahkan, Rukiah telah melaporkan perlakuan oknum sang kades kepada anggota DPRD Bulukumba, beberapa waktu lalu.

"Sudah kita kunjungi rumah Rukiah, dan rumahnya itu tidak lagi masuk kategori miskin. Tidak layak terima Rastra," kata Syarifuddin saat konferensi pers di Media Center Kantor Bupati Bulukumba, Jumat (8/3/2019).

Olehnya, Syarifuddin mengaku telah berencana untuk mengusulkan beberapa penerima Rastra untuk direvisi, termasuk Rukiah.

Namun, pihaknya masih menunggu perubahan data berdasarkan laporan pemerintah desa hingga kecematan, terkait berita acara pengalihan Rastra.

"Sekarang Rukiah masih menerima, karena pengalihan tidak serta merta dilakukan, harus ada berita acara dari pemerintah desa ke kabupaten dan diteruskan ke pusat, karena Rastra ini punyanya pusat dan semua data penerima terbaca disana," kata mantan Sekretaris Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba itu.

Ditanya mengenai adanya politisasi pada Rastra di Desa Bontobarua, Kecamatan Bontotiro, Syarifuddin mengaku tidak ingin terlalu jauh masuk ke ranah tersebut.

Yang pasti, kata dia, Rastra merupakan stimulan bagi mereka yang tidak mampu.

"Bantuan dari pemerintah baik itu Rastra dan sebagainya, merupakan stimulan, jadi jika sudah mampu kita alihkan bagi mereka yang membutuhkan," jelas Syarifuddin.

Sekadar diketahui, penerima Rastra di Bulukumba sebanyak 18.625 Kepala Keluarga (KK), yang setiap bulanya menerima 10 kilogram. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @arisandifirki

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved