Selangkah Lagi, Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Korupsi Dana Hibah KPU Makassar

"Langsung kita tentukan tersangka, jika hasil penghitungan kerugian negara nanti keluar dari BPKP," kata Kombes Yudhiawan.

Selangkah Lagi, Polda Sulsel Tetapkan Tersangka Korupsi Dana Hibah KPU Makassar
Warta Kota
Ilustrasi Dana Hibah 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Selangkah lagi, Polda Sulsel menetapkan tersangka dugaan tindak pidana korupsi, kasus Dana Hibah KPU Kota Makassar.

Direskrimsus Polda Sulsel Kombes Yudhiawan Wibisono mengakui tim penyidik segera menentukan tersangka setelah ada hasil kerugian negara dari BPKP Wilayah Sulsel.

Baca: TRIBUNWIKI: Atlet Bulutangkis Indonesia Berjuang di All England 2019, Ini Sejarahnya, Sejak 1899

"Langsung kita tentukan tersangka, jika hasil penghitungan kerugian negara nanti keluar dari BPKP," kata Kombes Yudhiawan kepada tribun, Kamis (7/3/2019) malam.

Kasus dugaan korupsi Dana Hibah senilai 60 Milyar lebih dikucurkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kepada KPU Kota ini, pada Pilwalkot Makassar 2017-2018.

Kombes Yudhiawan menyebutkan, kasus Dana Hibah ini dikebut penyidik Subdit IV Tipikor Ditreskrimsus Polda, karena kasus ini sudah pernah dilakukan gelar perkara.

Baca: Temui Warga Bantimurung, Caleg DPR RI Dapil Sulsel II Nurhasan Diawasi Polisi

"Kasus ini pernah dilakukan gelar perkara, tapi penyidik kami masih mendampingi BPKP dalam perhitungan Kerugian negara, jadi ditunggu saja hasilnya," ungkapnya.

Dalam kasus ini, tim penyidik Polda telah dua kali memeriksa 25 saksi. Lima orang diantaranya dari internal KPU Makassar, dua diantaranya mantan komisioner KPU.

Baca: 53 Narapidana di Sulsel Dapat Pengurangan Hukuman 15 Hari Sampai 2 Bulan

Rinciannya, 15 saksi diantaranya dari PPK, dua mantan Komisioner KPU, dua mantan Kasubag KPU, dua mantan Bendahara KPU, dan mantan Sekretaris KPU Makassar.

Sementara itu pihak Pemkot Makassar, diantaranya dari Kasubag Umum BPKAD Kota Makassar, Junaedah, juga Bendahara Pengeluaran BPKAD, Yusuf Aco.(*)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved