OPINI

OPINI - Ketika Unicorn Beraksi Dalam Pemilu

Debat antara calon presiden beberapa waktu lalu dan merupakan debat kedua telah meninggalkan kesan dan ekspektasi tersendiri bagi masyarakat.

OPINI - Ketika Unicorn Beraksi Dalam Pemilu
tribun timur
Dosen Fakultas Hukum Unhas

Oleh:
Dr Sakka Pati
(Dosen Fakultas Hukum Unhas)

Tahun 2019 yang disebut juga tahun politik akan menjadi ‘saksi’ kelahiran sosok pemimpin, apakah ‘sosok lama’ atau ‘wajah baru’ yang akan memegang amanah besar dalam menentukan masa depan Indonesia lima tahun ke depan.

Seakan nostalgia, kontestasi politik saat ini dalam memilih presiden mengingatkan kita pada periode sebelumnya, di mana ‘pertempuran’ kembali dilakoni oleh sosok yang sama tapi dengan ‘squad’ yang berbeda.

Baca: Sekap Tiga Bocah Bersama Anjing di Panakkukang, Wanita Ini Malah Minta Dibebaskan

Baca: Pakar IT Beberkan Penyebab Sulitnya Akses Situs SBMPTN 2019 dan Hal Apa yang Harus Dilakukan

Pertempuran dalam pemilihan sosok presiden dan wakil presiden, baik di Indonesia maupun negara lain, selalu dihiasi dengan debat, karena debat antarcalon pasangan inilah menjadi salah-satu indicator bagi masyarakat dalam menilai pasangan calon yang bertarung.

Adu gagasan dan argumentasi, perdebatan regulasi dan penawaran langkah-langkah inovatif antara “dua kubu” sangat memengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihannya.

Debat antara calon presiden beberapa waktu lalu dan merupakan debat kedua telah meninggalkan kesan dan ekspektasi tersendiri bagi masyarakat.

Pada perhelatan debat kedua, tema yang digunakan untuk menguji kedua calon adalah tema Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan serta Infrastruktur.

Debat ini masih menyisakan kicauan di masyarakat manakala pembahasan masuk pada tema infrastruktur dengan menghadirkan sosok ‘unicorn’ yang saat ini sedang beraksi dalam dunia ekonomi Indonesia.

Baca: LPA: Sulsel Urutan 5 Tertinggi di Indonesia Pernikahan Anak di Bawah Umur

Sosok yang masih terbilang baru namun sangat mencuri perhatian, nampaknya ini kalimat yang pas untuk menggambarkan sosok Unicorn yang telah mewarnai debat kemarin. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang bertanya-tanya dan mencari tahu, apa sebenarnya Unicorn ini?

Unicorn merupakan istilah untuk menunjuk pada perusahaan rintisan atau start up yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 Miliar.

Halaman
123
Editor: Aldy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved