Selain Traveloka, Penjualan Tiket AirAsia juga Hilang di Online Travel Agent Lain,KPPU Imbau Melapor

Mulai Senin (4/3/2019), AirAsia Indonesia resmi menarik penjualan tiket mereka di agen travel daring (online travel agent) Traveloka.

Selain Traveloka, Penjualan Tiket AirAsia juga Hilang di Online Travel Agent Lain,KPPU Imbau Melapor
FREEPIK.com/STOCKSNAP
Ada Apa? Tiket AirAsia Tak Tersedia di Traveloka dan Tiket.com, Padahal Masih Jalin Kerja Sama (Foto Ilustrasi) 

TRIBUN-TIMUR.COM-Mulai Senin (4/3/2019), airasia Indonesia resmi menarik penjualan tiket mereka di agen travel daring (online travel agent) Traveloka.

Penarikan penjualan tiket di OTA yang juga menyandang status sebagai unicorn (perusahaan rintisan dengan nilai kapitalisasi mencapai 1 miliar dollar AS) Indonesia tersebut merupakan bentuk suspensi kerja sama perusahaan secara permanen lantaran tiket airasia yang dalam dua minggu terakhir kerap hilang secara misterius di situs Traveloka.

Selain di Traveloka, tiket airasia juga menghilang di OTA lain, yaitu Tiket.com.

Akan tetapi Direktur Utama airasia Indonesia Kurniawan mengatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan dari Tiket.com terkait hilangnya tiket mereka di OTA tersebut.

Baca: Kronologi Geramnya airasia ke Traveloka, Putuskan Kerja Sama dan Tarik Penjualan Tiket

Baca: Ada Apa? Tiket airasia Timbul-Tenggelam di Traveloka dan Tiket.com, Padahal Masih Jalin Kerja Sama

Baca: Tiket Penerbangan Domestik airasia di Traveloka Hilang, Pengakuan Kedua Pihak Mengejutkan!

"Kami menunggu klarifikasi resmi dari mereka, OTA lain. Untuk yang lain kami menunggu. Suspensi ke Traveloka khusus ya," ujar Dendy di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Adapun berdasarkan penelusuran Kompas.com, tiket airasia pun tidak tersedia di beberapa OTA lainnya, seperti di misteraladin.com juga pegi-pegi.

Rifai Taberi, Direktur Niaga airasia Indonesia, pun sempat menyatakan, kasus hilangnya tiket airasia di beberapa OTA tersebut memiliki indikasi yang sama dengan yang terjadi pada Traveloka.

"Di OTA-OTA yang lain, kasusnya mirip, sama dengan Traveloka," ujar dia. Adapun Agoda, menjadi satu-satunya OTA yang masih menyediakan tiket airasia di situs mereka.

Akan tetapi, selisih harga tiket penerbangan airasia untuk waktu yang sama antara Agoda dengan situs resmi penjualan tiket airasia di airasia.com cukup besar.

PK-AXC, Airbus A320-200 yang dioperasikan oleh maskapai Indonesia AirAsia, yang hilang sejak Minggu (28/12/2014). Registrasi PK-AXC bisa dilihat di bagian belakang fuselage (badan) pesawat. Foto diambil pada 7 September 2011 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Di airasia.com, tiket untuk jadwal penerbangan Selasa (12/3/2019) dari Jakarta ke Yogyakarta pukul 05.45-06.55 WIB dihargai Rp 520.100, sedangkan di Agoda tiket dengan waktu penerbangan yang sama dihargai Rp 624.000.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved