VIDEO: Kerenya Kapal Latih Milik SMK di Sulsel

Sebanyak delapan unit kapal latih yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Sulsel dengan total anggaran sebesar Rp 32 miliar.

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Negara Indonesia yang merupakan daerah maritim, menjadi karakter baru di sektor pendidikan dimasa yang akan datang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo saat melakukan uji coba kapal latih SMK Sulawesi Selatan di Pelabuhan Perikanan Untia, Kampung Nelayan Salodong, Untia, Kecamatan Biringkanaya, kota Makassar.

Baca: Rangkuman Pertandingan Piala Presiden 2019, Bhayangkara Taklukkan Semen Padang

Ia mengatakan melihat potensi laut Indonesia khususnya di pulau Sulawesi, tentu sangat disayangkan jika potensi ini hanya sekedar dimata saja.

Irman pun menginisiasi mengadakan kapal latih tahun anggaran 2018. Yang hasilnya terlihat di awal tahun 2019 ini.

Sebanyak delapan unit kapal latih yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Sulsel dengan total anggaran sebesar Rp 32 miliar.

Baca: Prioritaskan AFC Cup, PSM Makassar Isyaratkan Mainkan Pemain Pelapis di Piala Presiden 2019

Kapal latih ini diperuntukkan untuk seluruh SMK di Sulsel yang memiliki program jurusan perikanan dan kelautan.

Kapal ini memiliki fasilitas lebih dari kapal penangkap ikan yang ada. Didalam kapal, nampak ruang kemudi (anjungan), alat navigasi, radio audien, alat frekuensi, kamar nahkoda, ruang abk, black box, dapur, toilet, dan air blast freezer (ABF)

Dengan hadirnya kapal latih ini, Kadis yang akrab disapa None inipun meyakini jika pelajar SMK khususnya jurusan perikanan dan kelautan akan memiliki ilmu yang lebih, dibandingkan pelajar yang hanya belajar melalui teori di kelas.

Baca: Ekspor Sulsel Merosot Awal Tahun, Eksportir Minta Akses ke Timur Tengah

"Bedalah apa yang kita lihat didalam kelas dengan yang ada dilapangan. Kapal ini sudah seperti apa yang ada di perusahaan kapal pelayaran atau sering disebut kapal niaga, ujarnya.

Khusus untuk air blast freezer (ABF), kapal latih ini bisa menampung hingga 15 ton ikan, dengan suhu - 40 derajat celcius.

Untuk laju kapal latih ini dilengkapi dengan mesin induk dengan kapasitas 280 hp, serta genset untuk pendingin. Kecepatan kapal dari 10 sampai 12 knot.(*)

Laporan Wartawan Tribun-Timur, Saldy

 Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved