Januari 2019 Wisman ke Sulsel Turun 1,57% Secara Tahunan, Disbudpar: Memang Low Session

"Ini disebabkan pada Januari 2019 merupakan low session khususnya Wisman," katanya.

Januari 2019 Wisman ke Sulsel Turun 1,57% Secara Tahunan, Disbudpar: Memang Low Session
TRIBUN TIMUR/RASNI
Wisatawan mancanegara (Wisman) plesiran di kota Makassar dan sekitarnya. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui pintu masuk Makassar pada Januari 2019 turun 1,57 persen secara tahunan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis data, selama Januari Wisman tercatat 839 kunjungan. Sedangkan Januari tahun lalu 826. Artinya, ada penurunan sekitar 13 kunjungan atau 1,57 persen.

Baca: Hamil Muda, Evi Masamba Lantunkan Sembilan Lagu di Panggung MRSF Polres Luwu

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Akmal menuturkan, secara bulanan, jumlah wisman menurun 40,33 persen jika dibandingkan dengan jumlah wisman pada Desember 2018 yang mencapai 1.406 kunjungan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Nuryadin menuturkan, Bila membandingkan kunjungan antara Desember 2018 dengan Januari 2019 memang terjadi penurunan.

"Ini disebabkan pada Januari 2019 merupakan low session khususnya Wisman," katanya.

Baca: Hotman Paris Dapat Ilmu dari Luna Maya: Jangan Kenalkan Pacar kepada Teman, Kenapa IG Dihapus?

Namun di Februari, ia optimis meningkat dengan adanya direct flight Kuala Lumpur-Makassar dengan Air Asia yang penerbangannya hanya 4 kali seminggu, per Februari menjadi setiap hari

"Dengan adanya direct flight setiap hari dari KL ke Makassar diharapkan berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Sulsel sehingga akan menggairahkan sektor Kepariwisataan Sulsel," ujar Nuryadin.

Ia menilai, apabila akses internasional semakin banyak maka akan memudahkan Industri pariwisata dalam hal ini membuat Biro Perjalanan Wisata (BPW) untuk menjual destinasi Sulsel.

Baca: TRIBUNWIKI: Lima Rumah Makan Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar

Seperti diketahui, selama wisman Malaysia mendominasi dengan 575 kunjungan, Singapura 43 kunjungan, Jerman 25 kunjungan, Amerika Serikat 24 kunjungan, dan Australia 21 kunjungan.

Lima negara tersebut menyumbang jumlah wisman terbesar yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk Makassar (Bandara Hasanuddin) selama Januari.

Jumlah wisman dari lima negara tersebut berjumlah 688 kunjungan atau sekitar 82 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

 Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Jangan Lupa Follow akun Instagram Tribun Timur:

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasrul
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved