Lawyer Asal Toraja Ini Tolak Wisata Halal Versi Wagub Sulsel

Pengacaraasal Toraja, Pither Singkali protes tegas rencana Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman membangun kawasan wisata halal Toraj

Lawyer Asal Toraja Ini Tolak Wisata Halal Versi Wagub Sulsel
Risnawati
Lawyer asal Toraja dan Ketua Gerakan Toraja Peduli Keadilan (Gertak), Pither Singkali. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pengacara (Lawyer) asal Toraja, Pither Singkali protes tegas rencana Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman membangun kawasan wisata halal di beberapa Kabupaten, termasuk Toraja.

Menurut Wagub Andi Sudirman Sulaiman meski kabupaten mayoritas nasrani, namun wisatawan yang berkunjung ke Toraja tak dipungkiri umat muslim.

Untuk itu, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara perlu membangun kawasan wisata halal.

"Saya kira begini contoh Toraja wisata halal harus ada, kenapa harus ada?, karena masyarakat-masyarakat yang berwisata juga di Toraja otomatis mencari kuliner-kuliner yang halal, lokasi lokasi yang bisa memfasilitasi mereka untuk halal," jelas Andi Sudirman dikutip dari TribunTimur.com

Untuk itu, Andi Sudirman menyatakan dukungannya memperkuat terhadap pemerintah daerah.

Namun, statement Wagub Andi Sudirman menjadi polemik dikalangan warga Toraja maupun warga Toraja di daerah lain.

Pither Singkali mengatakan, wisata memang menjadi devisa utama karena disitu terkait ekonomi kreatif juga ketenagakerjaan sebab bangsa Indonesia punya ragam rasa serta karakter kaya akan daerah.

"Kenapa muncul wisata halal, padahal bicara halal bisa saja ditafsirkan orang lain berbeda dan diharapkan dapat dikunjungi sehingga menjadi ikon wisata" tuturnya kepada TribunToraja.com, Sabtu (2/3/2019).

Lanjut Pither juga Wakil Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Bidang Politik, Hukum dan Kemasyarakatan mengatakan, daerah Toraja dikenal luas budaya serta alam dan menyatu menjadi wisata, namun jika dikatakan wisata halal ditafsirkan wisatawan berbeda karena itu kurang nyaman di dengar.

"Saya desak dan minta kepada pemerintah Sulsel agar tidak menerapkan wisata halal di wilayah Toraja sebagai daerah tujuan wisata, kewajiban Pemprov dengan pimpinan baru agar bersama pemerintah daerah mengembalikan kejayaan Toraja," ujar Pither.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved