Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: HUT ke-455, Ini Profil dan Sejarah Kabupaten Sinjai, dan Pariwisata Andalannya

Sinjai yang berjarak sekitar ±220 km dari Kota Makassar. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 819,96 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 236.497

TRIBUNWIKI: HUT ke-455, Ini Profil dan Sejarah Kabupaten Sinjai, dan Pariwisata Andalannya
Sanovra JR/tribun-timur.com
Pulau Larea-rea Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulsel, terekam drone Tim Celebes Explore 2016 Tribun Timur, Minggu (24/4/2016). 

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sinjai merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan.

Sinjai yang berjarak sekitar ±220 km dari Kota Makassar. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 819,96 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 236.497 jiwa.

Hari Ulang Tahun ke 455 Kabupaten Sinjai diperingati Rabu  (27/2/2019) kemarin.

Berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT Kabupaten ini tentunya dipersiapkan.

Berikut sejarah berdirinya Kabupaten Sinjai

Dilansir dari sinjaikab.go.id Kabupaten Sinjai mempunyai nilai historis tersendiri, dibanding dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dulu terdiri dari beberapa kerajaan-kerajaan, seperti kerajaan yang tergabung dalam federasi Tellu Limpoe dan Kerajaan – kerajaan yang tergabung dalam federasi Pitu Limpoe.

Tellu limpoe terdiri dari kerajaan-kerajaan yang berada dekat pesisir pantai yakni Kerajaan yakni Tondong, Bulo-bulo dan Lamatti, serta Pitu Limpoe adalah kerajaan-kerajaan yang berada di daratan tinggi yakni Kerajaan Turungen, Manimpahoi, Terasa, Pao, Manipi, Suka dan Bala Suka.

Watak dan karakter masyarakat tercermin dari system pemerintahan demokratis dan berkedaulatan rakyat.

Komunikasi politik di antara kerajaan-kerajaan dibangun melalui landasan tatanan kesopanan Yakni Sipakatau yaitu Saling menghormati, serta menjunjung tinggi nilai-nilai konsep “Sirui Menre’ Tessirui No’ yakni saling menarik ke atas, pantang saling menarik ke bawah, mallilu sipakainge yang bermakna bila khilaf saling mengingatkan.

Halaman
1234
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved