Suaradipa Makassar-Mahasiswa Teknik UKI Toraja Gelar Seminar Industri 4.0

Hadir sebagai pembicara atau pemateri yaitu Calvin Allo Todang sebagai dosen dan programmer.

Suaradipa Makassar-Mahasiswa Teknik UKI Toraja Gelar Seminar Industri 4.0
risnawati/tribuntoraja.com
Bupati Kalatiku Paembonan membawakan sambutan saat membuka seminar Informasi Teknologi (E Goverment, Bisnis Digital dan Industri 4.0) di kampus II UKI Toraja, Kakondongan, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Rabu (27/2/2019).

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Sangrapuan Mahasiswa Toraja STMIK Dipanegara (Suaradipa) Makassar bekerjasama Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja gelar seminar Informasi Teknologi (E Goverment, Bisnis Digital dan Industri 4.0).

Dengan tema 'Meningkatkan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kita Siap Menghadapi Tantangan Global'.

Seminar digelar di kampus II UKI Toraja, Kakondongan, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Rabu (27/2/2019).

Dihadiri kurang lebih 450 peserta, terdiri dari mahasiswa, pelajar dan umum.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan membuka seminar mengatakan, menyambut baik kegiatan sebab, industri 4.0 sudah depan mata dan SDM Toraja harus siap menghadapinya.

Hadir sebagai pembicara atau pemateri yaitu Calvin Allo Todang sebagai dosen dan programmer.

Ketua KNPI Tana Toraja, Sarwindye Tiranda Biringkanae dan Ketua KNPI Toraja Utara terpilih, Belo Tarran hadir sebagai Keynote Speaker.

Sarwindye mengatakan, Toraja memiliki peluang bisnis yang berkaitan dengan industri 4.0, maka itu generasi muda Toraja harus siap menghadapi sebab, jika SDM tidak siap, maka berani kalah dalam pertarungan milenial.

Sementara, Belo Tarran menyampaikan dunia saat ini mengalami empat tahap industri dan saat ini industri 4.0 yang dimulai tahun 2011 sebagai industri berintegrasi dengan internet.

"Menghadapai industri 4.0 generasi muda Toraja harus memanfaatkan teknologi, terlebih khusus dalam bisnis online di era milenial, jangan dipandang sebagai tantangan melainkan dipandang sebagai peluang melakukan aktivitas yang produktif," ujar Belo.

Lanjutnya, serta potensi dan kekayaan alam Toraja dapat dimanfaatkan bisnis online dengan cara memasarkan produk-produk asal Toraja.

"Jika dapat dimaksimalkan maka setelah selesai kuliah generasi muda Toraja tidak perlu lagi merantau, cukup di Toraja saja memanfaatkan teknologi karena begitu banyak yang bisa dikembangkan," tutupnya. (*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved