Danny Pomanto Kini Bergelar Karaeng Salamaka dari Kerajaan Polombangkeng Takalar

Diantaranya hadir Ketua Legiun Veteran Indonesia Sulawesi Selatan Brigadir Jenderal Purn HM Bahtiar

Danny Pomanto Kini Bergelar Karaeng Salamaka dari Kerajaan Polombangkeng Takalar
fahrizal/tribun-timur.com
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto resmi diberi gelar Karaeng Salamaka dari kerajaan Polombangkeng, di Takalar, Kamis (28/2/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto resmi bergelar Karaeng Salamaka dari Kerajaan Polombangkeng di Takalar, Kamis (28/2/2019).

Gelar penghargaan ini disematkan langsung oleh kerabat kerajaan disaksikan 200 anggota legiun veteran se-Kabupaten Takalar.

Diantaranya hadir Ketua Legiun Veteran Indonesia Sulawesi Selatan Brigadir Jenderal Purn HM Bahtiar dan Ketua Legiun Veteran Kabupaten Takalar, Tajuddin Karaeng Lewa.

Karaeng Salamaka sendiri merupakan nama Raja Polombangkeng ke-10.

Salah seorang keturunan Kerajaan Polombangkeng yang juga mantan Wakil Bupati Takalar Andi Makmur Sadda menyebut, pemberian gelar ini diputuskan berdasarkan hasil rembuk keluarga kerajaan, termasuk anak langsung dari Karaeng Polombangkeng 10, Karaeng Ganjang.

"Karaeng Polombangkeng Panjonga Dg Ngalle diabadikan namanya menjadi salah satu nama jalan di Makassar berkat perjuangan Wali Kota Danny Pomanto. Kami Keluarga besar pahlawan nasional Ranggong Dg Romo dan Karaeng Padjonga Dg Ngalle bersama veteran sepakat bahwa di momen ini memberi gelar kepada bapak Danny Pomanto sebagai Karaeng Salamaka," ungkap Makmur dalam rilis yang diterima Tribun Timur.

Alasan pemberian gelar sesuai nama Karaeng Polombangkeng ke-10 karena merupakan kakak kandung dari Padjonga Dg Ngalle.

Karaeng Salamaka sendiri pernah dibuang penjajah Belanda ke Aceh, namun selamat hingga dikembalikan lagi ke Polombangkeng.

"Sehingga kita sepakat bahwa hal itu hampir sama dengan perjuangannya wali kota. Diserang luar biasa, hingga terjadi kotak kosong saat Pilkada Makassar, tapi Alhamdulillah selamat hingga hari ini. Anak Raja Polombangkeng 10 Karaeng Salamaka, Karaeng Gajang menyetujui dan mengatakan, Kasi' mi nak wali kota karena namanyaji bapakku. Bukan nama sembarang itu," jelasnya lagi.

Gelar itu pun resmi disandang wali kota Makassar ditandai dengan penyematan Pantonro atau ikat kepala khas kerajaan Bugis-Makassar, dan pemberian badik pusaka milik Karaeng Salamaka, Raja Polombangkeng 10.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved