Taman Pattiro-tiroang, Wisata Perbukitan dengan Spot Menarik di Sinjai

Objek wisata ini berada di perbukitan kaki Gunung Lompobattang, tak jauh dari lembah Sungai Balantieng.

Taman Pattiro-tiroang, Wisata Perbukitan dengan Spot Menarik di Sinjai
samsul bahri/tribun-timur.com
Kepala Desa Bontotengga, Kaswan dan istri berfoto di salah satu spot menarik di Taman Wisata Alam Pattiro-tiroang, Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bila melancong ke Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), rugi rasanya bila tak menyempatkan waktu menyambangi obyek wisata alam yang baru saja dipercantik di perbukitan Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong.

Obyek wisata di desa ini dikenal dengan nama Taman Pattiro-tiroang. Lokasinya berjarak sekitar 50 kilometer atau bisa ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar satu jam dari ibu kota Kabupaten Sinjai.

Objek wisata ini berada di perbukitan kaki Gunung Lompobattang, tak jauh dari lembah Sungai Balantieng.

Berada di obyek wisata ini dijamin akan memuaskan mata dengan pemandangan alamnya yang indah serta kesejukan udaranya.

Taman Pattiro-tiroang di perbukitan Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong.
Taman Pattiro-tiroang di perbukitan Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong. (samsul bahri/tribun-timur.com)

Kepala Desa Bontotengnga, Kaswan Mahmud (37), mengatakan awal dirinya menggagas pembuatan obyek wisata di lokasi tersebut muncul pada akhir 2018.

Bersama warga desa, Kasman pun ‘menyulap’ bukit gersang di Pattiro-tiroang sebagai tempat wisata. Sejumlah spot menarik dibuat untuk memuaskan pengunjung menikmati suasana alam sekitar sambil berselfie.

Dibantu sekitar 80 warganya, ia bergotong-royong merampungkan pembangunan gazebo untuk tempat istirahat dan bersantai bagi pengunjung.

Beberapa spot yang dibuat seperti perahu, becak, dan spot menarik lainnya pun dihadirkan di Taman Pattiro-tiroang.

Suasana Taman Pattiro-tiroang di perbukitan Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong.
Suasana Taman Pattiro-tiroang di perbukitan Dusun Balantieng, Desa Bontotengnga, Kecamatan Sinjai Borong. (samsul bahri/tribun-timur.com)

“Di akhir tahun lalu kami bangun lahan gersang menjadi spot wisata untuk selfie. Selain itu pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner ala Sinjai Borong,” kata Kaswan, belum lama ini.

Kopi dan Kue Khas

Desa Bontotengnga memiliki kue khas Bugis Sinjai Borong yaitu Paranggi dan Baje. Kue ini mudah didapatkan di perkampungan warga desa setempat.

Bukan itu saja, desa ini memiliki hasil pertanian berupa kopi dan tembakau yang khas dan bisa dinikmati pengunjung.

Taman Pattiro-tiroang di Desa Bonto Tengnga ini diapresiasi oleh pemerintah setempat sehingga Bupati Sinjai, A Seto Gadhista Asapa, turun meresmikan langsung awal pengoperasiannya pada 1 Januari 2019.(*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved