KPU Sulbar Bekali Perangkat KPU Kabupaten Metode Tungsura

KPU Sulbar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk seluruh komisioner KPU kabupaten se-Sulbar.

KPU Sulbar Bekali Perangkat KPU Kabupaten Metode Tungsura
TRIBUN TIMUR/EDYATMA JAWI
Bimtek Tungsura KPU Sulbar di aula LPMP Sulbar, Selasa (26/2/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SULBAR -- Untuk mengantisipasi berbagai masalah teknis pemungutan suara (Tungsura), KPU Sulbar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk seluruh komisioner KPU kabupaten se-Sulbar.

Bimtek dilaksanakan di aula Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulbar di Rangas, Kecamatan Banggae, Majene. Berlangsung sejak Senin hingga Kamis, 25-28 Februari 2019.

Ketua KPU Sulbar menyampaikan, selain komisioner dilibatkan pula Kasubag Teknis serta Operator Sistem Perhitungan (Situng) dari tiap kabupaten.

"Karena sistem perhitungan suara ini menggunakan aplikasi," ujar Rustang, Selasa (26/2/2019).

Dijelaskan, dalam bimtek tersebut dipaparkan materi terkait pemungutan dan perhitungan suara. Termasuk manajemen logistik, rekapitulasi dan penetapan hasil.

"Serta konversi suara dari suara ke kursi, jadi lima materi itu," jelasnya.

Kata Rustang, pemaparan materi akan berlangsung selama dua hari. Dua hari selanjutnya dilakukan simulasi perhitungan dan penetapan hasil pemilihan.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulbar, Said Usman Umar menambahkan, untuk membangun kesepahaman dilibatkan pula Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Bimtek Tungsura.

"Agar ada kesepahaman yang sama mengenai tahapan proses tungsura Bawaslu juga kami undang," ujar Said Usman. (TRIBUN-SULBAR.COM)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @edyatmajawi

Penulis: edyatma jawi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved