Sudah Tiga Kasus Pencabulan Anak di Bulukumba

Data Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Bulukumba, tahun 2018, pihaknya menerima 26 kasus pencabulan.

Sudah Tiga Kasus Pencabulan Anak di Bulukumba
Ilustrasi Tribunnews
Diperkosa Dosen Berkali-kali, Inilah Alasan Mahasiswi Ini Tetap Bertahan & Baru Lapor Polisi 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Jumlah kasus pencabulan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), masih terbilang tinggi.

Data Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Bulukumba, tahun 2018, pihaknya menerima 26 kasus pencabulan.

"Tahun ini, mulai Januari-25 Februari 2019, kita sudah menerima tiga kasus pencabulan," kata Kepala Unit PPA Satreskrim Polres Bulukumba, Aipda Rosmina, Senin (25/2/2019).

Meski masih banyak kasus pencabulan, tahun 2018 yang lalu, Kabupaten Bulukumba tetap menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak.

Penghargaan Kabupaten Layak Anak merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang berhasil mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Sebelumnya, penghargaan tersebut sempat dikritisi oleh mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bulukumba, Siti Khadijah Budiawan.

Menurut Khadijah, penghargaan tersebut harus direalisasikn dan bukan hanya sekadar wacana belaka.

"Penghargaan KLA ini menunjukkan bahwa pemerintah sudah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak di Bulukumba. Tetapi perhatian khusus itu juga harus di topang oleh masyarakat agar penghargaan ini dapat dipertahankan," tutur Khadijah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat, lanjut Khadijah, yakni membantu meminimalisir atau menghentikan kekerasan baik fisik maupun seksual terhadap anak.

Kedepan, pemerintah diharap dapat memperhatikan kasus kekerasan seksual terhadap anak tersebut.

Karena hal itu dapat memupuskan masa depan anak sebagai generasi penerus bangsa. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @arisandifirki

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved