Kurangi Sampah Plastik, DLH Luwu Timur Ajak Warga Pakai Tumbler

Kapala DLH Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengatakan maraknya sampah plastik di laut menggerakan komunitas peduli lingkungan.

Kurangi Sampah Plastik, DLH Luwu Timur Ajak Warga Pakai Tumbler
Ivan/Tribunlutim.com
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler usai membagikan ratusan tumbler kepada pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur di kantor bupati, Jumat (22/2/2019).

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Luwu Timur mengajak warga menggunakan botol minum isi ulang (tumbler) guna mengurangi penggunaan sampah plastik.

Kapala DLH Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengatakan maraknya sampah plastik di laut menggerakan komunitas peduli lingkungan.

"Gerakan Indonesia membawa tumbler salah satunya. Gerakan ini dalam rangka pengurangan pemakaian air minum kemasan," kata Andi Tabacina dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kantor Bupati Luwu Timur, Jumat (22/2/2019).

Baca: Besok, Calon PPPK Tes Cat di SMAN 1 Luwu Timur

Baca: Bupati Luwu Timur Doakan Eks K2 Lolos Jadi PPPK

"Kami mengajak masyarakat menggunakan tumbler agar dapat mengurangi pemakaian botol minum kemasan sekali pakai," imbuhnya.

Botol plastik kata dia salah satu jenis pengemas yang susah sekali diuraikan oleh tanah guna mengurangi jumlah botol plastik yang terbuang.

"Kita bisa menggunakan atau lebih tepatnya membawa tempat minum sendiri," tuturnya.

Menurutnya, bahan plastik adalah materi yang tidak mudah diurai oleh tanah. Semakin banyak manusia membuang sampah plastik, maka bumi akan semakin rapuh.

Keberadaan sampah plastik juga menjadi perhatian dunia. Sampah plastik di darat maupun di laut. Bahkan, tidak jarang hewan laut memakan sampah plastik yang mereka temui.

Karena hal itu, mengakibatkan hewan laut mengalami kematian karena nutrisi yang dimakan tidak sehat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler membagikan ratusan tumbler kepada pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur.

"Sangat berharap kegiatan ini walaupun sederhana dapat mengubah kebiasan yang bernilai positif khususnya kita di lingkungan pemerintah dapat memberi contoh yang dapat melindungi bumi kita," tegas Husler. (*)

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved