Pemkot Palopo Bersama TNI, Polri Bersihkan Sampah di Wilayah Pelabuhan

Pemkot Palopo bersama personel Kodim 1403 Sawerigading dan Polres Palopo membersihkan sampah di wilayah Pelabuhan Tanjung Ringgit

Pemkot Palopo Bersama TNI, Polri Bersihkan Sampah di Wilayah Pelabuhan
TRIBUN TIMUR/HAMDAN SOEHARTO
Pemerintah Kota Palopo bersama personel Kodim 1403 Sawerigading dan Polres Palopo membersihkan sampah diwilayah Pelabuhan Tanjung Ringgit, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Kamis (21/2/2019). 

TRIBUNPALOPO.COM, WARATIMUR - Pemerintah Kota Palopo bersama personel Kodim 1403 Sawerigading dan Polres Palopo membersihkan sampah di wilayah Pelabuhan Tanjung Ringgit, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Kamis (21/2/2019).

Itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Tim gabungan yang turun dengan masyarakat terlihat sangat kompak. \

Semua menggunakan peralatan berupa cangkul, sekop dan mobil sampah.

Baca: Ini Manfaat Program AKio Gagasan Pemkab Gowa

Baca: Listrik Padam di Maros Hingga Sore hari Ini, Catat Wilayah Terdampak

Baca: VIDEO: Kepala BPN Luwu Utara Mangkir Dari RDP di DPRD

Wakil Wali (Wawali) Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) mengatakan, produksi sampah di Kota Palopo mencapai 80 ton per harinya.

Dengan kapasitas daya angkut sampah yang dimiliki oleh Pemkot Palopo tidak sampai 80 ton, masih ada sampah yang tersisa setiap harinya.

"Nah ! yang terisisa ini akan menjadi perhatian kita. Hari ini pemerintah Kota berasama TNI, Polri turun membersihkan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional," tuturnya.

RMB menjelaskan, kedapan Pemkot Palopo akan membuat peraturan daerah untuk mengurangi sampah. Seperti tidak lagi menggunakan plastik dalam belanja dan kemasan air mineral.

"Kita akan imbau agar mengurangi penggunaan plastik. Seperti saat belanja dan kemasan air mineral," katanya.

Regulasi yang direncanakan Pemkot Palopo juga berupa memberikan sanksi kepada siapa saja yang melebihi produksi sampah.

"Kalau ada perusahaan atau siapa saja yang kegiatannya menghasilkan sampah yang banyak kemudian tidak ditangani maka akan diberikan sanksi," ucapnya.

Usai membersihkan sampah diwilayah pelabuhan, tim gabungan yang dipimpin Kodim 1403 Sawerigading memberikan himbauan kepada semua pedagang yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) agar selalu memperhatikan sampah disekitarnya. TPI saat ini dinilai sangat jorok dan kotor.

Laporan Wartawan TribunPalopo.Com, @hamdansoeharto_

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur :

Follow juga akun instagram tribun-timur.com:

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved