Empat Rekannya di DO, Mahasiswa IAIM Sinjai Unjuk Rasa

Aksi tersebut bermula dari adanya empat mahasiswa IAIM Sinjai yang dipecat secara tidak terhormat, tanpa melalui prosedur.

Empat Rekannya di DO, Mahasiswa IAIM Sinjai Unjuk Rasa
IST
Aliansi Pro Demokrasi (API) Kampus menggelar aksi menolak keputusan Drop Out (DO) dan skorsing empat mahasiswa Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Selasa (19/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Aliansi Pro Demokrasi (API) Kampus menggelar aksi menolak keputusan Drop Out (DO) dan skorsing empat mahasiswa Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Selasa (19/2/2019).

Aksi tersebut bermula dari adanya empat mahasiswa IAIM Sinjai yang dipecat secara tidak terhormat, tanpa melalui prosedur.

Adapun fokus isunya yaitu, cabut SK DO dan skorsing empat mahasiswa serta wujudkan transparansi anggaran dan informasi IAIM Sinjai.

Menurut Jenderal Lapangan, Muh Ainun Taqwa bahwa aksi tersebut sebagai bentuk penolakan mahasiswa terhadap keputusan Rektor IAIM Sinjai karena telah mengeluarkan SK DO kepada Nuralamsyah, Heri Setiawan dan skorsing kepada Abdullah dan Sulfadli tanpa dasar.

"Kami atas nama mahasiswa mengecam keras keputusan IAIM Sinjai, karena mereka telah melukai demokrasi dan menciderai Hak Asasi Manusia," katanya melalui rilisnya, Selasa (19/2/2019).

Selain itu, Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Makassar, Dwi Rezki yang tergabung dalam aliansi menegaskan bahwa kampus IAIM harus dicabut dari akarnya.

"IAIM Sinjai telah mencemari demokrasi dan nama mahasiswa, karena telah bertindak semena-mena dan otoriter dalam menajalankan fungsinya sebagai wadah pendidikan, maka dari itu kalau SK DO dan Skorsing tidak dicabut maka IAIM Sinjai wajib dicabut pula,"katanya.

API Kampus pun menuntut PW Muhammadiyah agar menindak dan mengevaluasi sikap otoriter birokrasi IAIM Sinjai.

Pimpinan Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Umar, mengatakan bahwa dirinya tidak diberitahukan secara resmi oleh pihak kampus IAIM Sinjai terkait adanya pemecatan mahasiswa.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved