Komplotan Pencuri Baterai Tower Telkomsel di Luwu Timur Ditembak

Pelaku ditangkap di Desa Asuli, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di Luwu Timur, para pelaku sudah mencuri di lima lokasi.

Komplotan Pencuri Baterai Tower Telkomsel di Luwu Timur Ditembak
ivan/tribunlutim.com
Komplotan Pencuri Baterai Tower Telkomsel di Luwu Timur Ditembak 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Komplotan pencuri baterai tower Telkomsel akhirnya ditangkap tim gabungan Polsek Wotu, Polsek Mangkutana dan Resmob Polres Luwu Timur, Selasa (12/2/2019).

Pelaku ditangkap di Desa Asuli, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di Luwu Timur, para pelaku sudah mencuri di lima lokasi.

Pelaku bernama Buchari Alias Ari (39), warga Desa Lestari, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur, Arisman (30) warga Gunung Sari, Kecamatan Sukamaju, Luwu Utara dan Kusno (35) warga Dusun Pabeta, Desa Manurung, Kecamatan Malili.

Pelaku sudah mencuri baterai di Kabupaten Luwu Timur dan Luwu Utara, Luwu dan Kota Palopo dengan total 127 buah baterai yang digasak.

Saat penangkapan berlangsung, Buchari dan Arisman melarikan diri. Tembakan peringatan tidak dhiraukan pelaku. Polisi terpaksa menembak kedua pelaku.

Polisi mengamankan 48 buah baterai tower Telkomsel dengan nilai total Rp 384 juta. Harga per unit Rp 8 juta.

Buchari adalah mantan karyawan kotraktor PT Telkomsel seorang residivis, pernah diamankan Polsek Bone-bone dan Polres Luwu Timur dengan kasus yang sama.

Kasat Reskrim Polres Luwu Timur, Iptu Akbar Andi Malloroang mengatakan cara pelaku melakukan pencurian dengan mematikan alarm kabel yang terhubung atau terikat di baterai terlebih dahulu.

"Kemudian dicopot dan diangkut menggunakan mobil yang dirental Kusno merek Daihatsu Xenia warna merah maron DP 1249 UA," kata Akbar kepada TribunLutim.com.

Sebelum ditangkap, pelaku mencuri di Kecamatan Kalaena Kiri sekitar pukul 07.00 Wita.

Total pelaku sudah mencuri lima kali di Luwu Timur, tiga kali di Luwu Utara, dua kali di Luwu dan sekali di Kota Palopo dengan jumlah barang bukti berdasarkan laporan polisi 127 buah baterai.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, @vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved