Cegah Penyebaran Wabah DBD, Tim Caleg Demokrat M Zulkarlian Fogging di Kecamatan Somba Opu, Gowa

Cegah Penyebaran Wabah DBD, Tim Caleg Demokrat M Zulkarlian Fogging di Kecamatan Somba Opu, Gowa

Cegah Penyebaran Wabah DBD, Tim Caleg Demokrat M Zulkarlian Fogging di Kecamatan Somba Opu, Gowa - tim-kreatif-caleg-partai-demokrat-m-zulkarlian-1.jpg
Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian
Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian melakukan fogging yang dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019).
Cegah Penyebaran Wabah DBD, Tim Caleg Demokrat M Zulkarlian Fogging di Kecamatan Somba Opu, Gowa - tim-kreatif-caleg-partai-demokrat-m-zulkarlian-2.jpg
Tim Kreatif Caleg Demokrat M Zulkarlian
Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian melakukan fogging yang dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019).
Cegah Penyebaran Wabah DBD, Tim Caleg Demokrat M Zulkarlian Fogging di Kecamatan Somba Opu, Gowa - tim-kreatif-caleg-partai-demokrat-m-zulkarlian.jpg
Tim Kreatif Caleg M Zulkarlian
Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian berfoto usai melakukan fogging yang dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019).

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ari Maryadi

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - M Zulkarlian, Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat DPRD Gowa, menggelar bakti sosial kesehatan berupa pengasapan atau Fogging gratis di Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019).

Dikutip dari rilis yang diterima tribun-timur.com, Senin (11/2/2019), aksi Fogging ini dilakukan oleh Tim Kreatif Caleg M Zulkarlian dari Partai Demokrat yang dibantu petugas fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa.

Ratusan rumah dan pekarangan warga di Kelurahan Kalegowa, Kabupaten Gowa, menjadi sasaran Fogging dari Tim Kreatif Caleg M Zulkarlian.

Baca: Kronologi Perdagangan Perempuan di Gowa, Rayuan Pekerjaan Hingga Jadi Pelayan Kafe

Baca: Sosialisasi di 315 Titik di Kecamatan Pallangga dan Barombong, Gowa, Caleg PAN Ini Sasar 5000 KK

Tim juga mengasapi areal kosong dan parit yang ada di sekitar rumah warga. Tampak hadir Lurah Kalegowa bersama warga Kalegowa dalam kegiatan fogging itu.

M Zulkarlian mengatakan, kegiatan fogging ini dilakukan karena ada warga yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit karena terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian berfoto usai melakukan fogging yang dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019).
Tim Kreatif Caleg Partai Demokrat M Zulkarlian berfoto usai melakukan fogging yang dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Minggu (10/2/2019). (Tim Kreatif Caleg M Zulkarlian)

“Karena warga mulai khawatir dengan penyebaran penyakit DBD di sekitar lingkungan mereka. Fogging sendiri merupakan upaya pencegahan penyebaran DBD,” kata Zulkarlian.

Zulkarlian yang merupakan caleg DPRD Demokrat nomor urut 5 Dapil 1 Kecamatan Somba Opu, Gowa, menjelaskan, fogging adalah salah satu cara untuk membunuh dan memutus rantai perkembangbiakan nyamui Aedes Aegypti yang menjadi penyebar virus DBD.

Cegah Sebaran DBD

"Terima kasih atas penerimaan dari masyarakat bagus sekali. Fogging ini sangat mereka harapkan. Mereka juga kaget karena melihat kita melakukan sosialisasi langsung dengan mendatangi warga secara door to door," kata Zulkarlian.

Pada momen pengasapan tersebut, Zulkarlian juga terlihat berdialog dengan warga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dan mendengar kelurahn masyarakat.

Baca: Soal Kabar Mundur dari Liga 1, Begini Pernyataan dari Perseru! Kubu PSM Makassar Fokus Benahi Tim

Baca: PSM Makassar Bisa Menang WO dari Perseru Serui di Piala Indonesia! Kenapa Bisa? Begini Alasannya

“Warga banyak keluhkan buruknya kualitas drainase. Sebab di beberapa titik alami buntu dan akhirnya berkumpul sampah-sampah. Lalu ada beberapa titik lampu jalan yang sudah tidak menyala,” lanjutnya.

Lanjut Zulkarlian, warga sangat antusias menerima kegiatan fogging ini. "Banyak warga yang meminta agar program ini bisa dilaksanakan setiap bulan. Setidaknya selama musim penghujan ini," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim dan Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa mengimbau kepada seluruh warga Kelurahan Kalegowa yang telah menerima manfaat fogging ini untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan mereka, serta menjalankan pola hidup sehat.

"Kami imbau warga untuk tidak membuang sampahnya sembarangan. Khususnya sampah-sampah yang bisa menjadi tempat tergenangnya air, yang menjadi tempat sempurna bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak," kata petugas dari Dinas Kesehatan. (*)

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved