Anak Petani dari Tondong Tallasa Pangkep Ini Lulus PNS, Perjalanan Hidupnya Bikin Haru

Meski begitu, Halida tetap menyayangi keduanya, dia bertekad ingin membahagiakan dengan mengumpulkan semangat bersekolah tinggi.

Anak Petani dari Tondong Tallasa Pangkep Ini Lulus PNS, Perjalanan Hidupnya Bikin Haru
munjiyah/tribunpangkep.com
Perempuan asal Tondongkura Pangkep, Nurkhalida (tengah) lulus PNS Kementerian Agama. 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKAJENE - Nurkhalida, perempuan asal Desa Tondongkura, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep ini tidak pernah terfikir untuk lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Anak tunggal dari pasangan Mustaman dan Murni ini, tidak seperti keluarga pada umumnya yang berkecukupan, justru sebaliknya mereka serba kekurangan.

"Kehidupan kedua orang tua bergantung pada saudara-saudaranya, Paman dan Bibi saya, karena keduanya sakit dan tidak bisa hidup normal seperti orang lain pada umumnya," kata Halida kepada TribunPangkep.com, Rabu (5/2/2019).

Meski begitu, Halida tetap menyayangi keduanya, dia bertekad ingin membahagiakan dengan mengumpulkan semangat bersekolah tinggi.

Semangatnya untuk memperoleh pendidikan dimulai dari SD 22 Tondongkura. Sambil sekolah dia juga berjualan kue yang dibuatkan almahum neneknya kala itu.

"Saya banyak belajar tentang arti perjuangan dan tidak malu berjualan kue untuk mendapatkan uang bersekolah kala itu hingga saya tamas SD dan melanjutkan ke jenjang berikutnya," ungkapnya.

Diapun melanjutkan ke sekolah SMP 2 Tondong Tallasa dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkep. Disana dia juga banyak dipertemukan dengan orang-orang yang sangat baik dan mau membantu.

Usai tamat di MAN Pangkep, keinginan untuk melanjutkan kuliah sangat besar, namun Halida terkendala biaya kuliah.

"Sempat harapan saya pupus, darimana saya dapat uang untuk kuliah karena kan orang tua hanya petani dan saat itu mereka berdua sakit. Hingga akhirnya jalan Allah terbuka, saya mendapatkan beasiswa Bidik Misi UNM," ungkapnya terharu.

Usai mendapat beasiswa, diapun bersungguh-sungguh menyelesaikan pendidikan dengan jurusan PPKN di UNM hingga menyelesaikan kuliah tiga tahun empat bulan dengan predikat cumlaude.

Halaman
12
Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved