Maraunder Ramaikan Fun Cross Bumi Karsa

Ketua Maraunder, Agus Hariadi menuturkan, Maraunder selalu aktif dalam mengikuti event seperti itu.

Maraunder Ramaikan Fun Cross Bumi Karsa
Maraunder
Komunitas sepeda Makassar Unbranded Gowesers (Maraunder) meramaikan Fun Cross yang digelar PT Bumi Karsa menyambut HUT ke-50. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komunitas sepeda Makassar Unbranded Gowesers (Maraunder) meramaikan Fun Cross yang digelar PT Bumi Karsa menyambut HUT ke-50.

Rutenya berjarak 30 kilometer (km), start dan finish di kantor pusat PT Bumi Karsa Jl Perintis kemerdekaan Kilometer 15 Makassar, Minggu (3/2/2019).

Ketua Maraunder, Agus Hariadi menuturkan, Maraunder selalu aktif dalam mengikuti event seperti itu.

"Karena ini merupakan ajang untuk silaturahmi antar anggota dan tentu sebagai refreshing di akhir pekan bagi kami yang sudah seminggu lelah bekerja," kata Agus dalam siaran persnya, Senin (4/2/2019).

Sejarah Maraunder sendiri dibentuk oleh Fadel Abdurahman. Ia merupakan anggita Komunitas Polygon Seluruh Indonesia (KPSI) untuk membuat komunitas di Makassar.

"Alhamdulillah awal yang baik. Postingan Fadel direspon. Respon pertama dari Agung, Asrul dan ada teman dari l
Limbung Gowa yaitu Zul dan Aldi. Akhirnya kemudian terbentuklah komunitas sepeda Polygon untuk wilayah Makassar," kata Agus.

KSPI Makassar bukan hanya tipe Polygon yang ikut gowes bersama, bahkan RB dan Fixie dan jenis sepeda lain ikut bergabung.

Akhirnya menjadi tantangan untuk menciptakan wadah yang sesuai dengan kebutuhan komunitas.

"Diskusi pun berlanjut, alot, santai, dalam tawa, Fadel, Agung, Asrul dan yang lain mencari alternatif. Dari model diskusi yang santai akhirnya muncullah nama Maraunder. Logo pun terbentuk dengan beberapa revisi. Pada (13/1/2017) desain logo terbentuk," katanya.

Tepatnya (22/10/2017) merupakan gowes perdana Maraunder dengan tujuan Puncak Maros. (13/12/2017) akhirnya Maraunder terbentuk resmi untuk publik.

"Maraunder secara etimologi adalah tidak bermerek. Bentuk dua jenis sepeda yang menanjak di gunung yaitu MTB dan fixi atau RB mengandung makna bahwa semua jenis sepeda bisa diajak untuk melewati jalur apapun," katanya.

Secara terminologi, Maraunder adalah komunitas goweser yang menggalang, merangkul anggota dengan prinsip tiada perbedaan dalam jenis, merek sepeda. Komunitas yang mengedepankan kebersamaan dan kesantunan.

Founder Maraunder, Fadel selalu ikut sama keputusan bersama.

"Intinya sati, jangan sampe dilupa itu prinsip santai dan santun, konsep awal tanpa sekat dlm maraunder juga harus terus dipertahankan, dalam artian nda peduli orang apa, latar belakang apa, sepedanya apa, merknya apa, selagi mau gabung di keluarga Maraunder silahkan," ajaknya.

Jadi bagi para pesepeda yang ingin gabung dengan Maraunder pintu terbuka lebar baik untuk cewek atau cowok dan tentunya semua jenis sepeda.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved